KAJIAN PENINGKATAN KECERDASAN MAHASISWA SEMESTER 3 JURUSAN TEKNIK ELEKTRO DENGAN NILAI TOEIC POLITEKNIK NEGERI MEDAN
Abstract
Dimana pada saat ini tes TOEIC merupakan hal penilaian di dunia akademis. beberapa perguruan tinggi di Indonesia, baik swasta maupun negeri, menerapkan skor TOEIC sebagai syarat untuk lulus ujian, demikian juga dengan Politeknik Negeri Medan, mahasiswa wajib mengikuti ujian TOEIC dan lulus sebagai sayarat untuk lulus ujian diploma. Tujuan penelitian ini untuk mmengetahui apakah ada perbedaan yang besifat signifikan atau tidak antara skor/nilai tes TOEIC dan nilai Bahasa Inggris mahasiswa semester 3 di jurusan Teknik Elektro program studi Teknik Listrik T.A. 2018/2019.Penelitian menggunakan rancangan post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 Jurusan Teknik Elektro program studi Teknik Listrik T.A. 2018/2019 yang berjumlah 130 orang. Sampel penelitian berjumlah 54 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan Korelasi eksperimen dari hasil tes Toeic dan hasil tes bahasa Inggris mahasiswa semester 3 T.A 2018/2019.
Kata kunci : TOEIC, nilai bahasa Inggris, perbedaan.
Downloads
References
Anggiearranidipta, Suma. Jurus-jurus menjawab tes TOEIC, diakses pada: 14 Mei 2011.
Budiningsih, A. 2005. Belajar dan pemebelajaran, Rineka cipta
Brown, H. Doughlas. 2001. Principles of Languages Learning and Teaching. New York: Prentice-Hall, Inc.
Djarwanto, PS dan Pangestu Subagyo. 1998, Satistik Induktif, Yogyakarta: BPFE
Gebhard, Jerry.1996. Teaching English as a Foreign or Second Language. Michigan: The University of Michigan Press.
Hidayatullah, A.S. (2008) Peran Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dalam pembangunan Pendidikan Masyrakat . Jakarta: Publikasi Ilmiah.
Killen, Roy. 1998. Effective Teaching Strategies. Katoomba: Social Science Press.
Morely, Joan. 1992. Improving Your Spoken English. Chicago: Michigan Textbook for teacher. New Jersey: Prentice-Hall Regents.
Nurgiyantoro, Burhan dkk. (2004). Statistik terapan untuk penelitian- penelitian soaial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Richards and Renandya. 2002. Methodology in Language Teaching. New York: Cambridge University Press
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyanto, Kasihani. 2003. Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Bahasa, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Sujana, Nana. 1992. Teknks Korelasi Regresi dan Korelasi. Bandung : Tarsito.