PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMEBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN PROGRAM STUDI TEKNIK KONVERSI ENERGI SEMESTER IV T.A.2016/2017 POLITEKNIK NEGERI MEDAN

  • Solly Aryza Universitas Pembangunan Panca Budi
  • esto Tumanggor Politeknik Medan

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi mahasiswa  Semester IV Jurusan Teknik Mesin Program Studi Teknik Konversi Energi Politeknik Negeri Medan T.A. 2016/2017, melalui model pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Prodi Konversi energy, Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan yang berjumlah 100 orang. Objek penelitian yaitu keterampilan mahasiswa dalam menulis narasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumnetasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman penilaian tes, dan kamera. Teknis analisis data dengan statistik deskriptip kualitatip. Hasil penelitian diharapkan akan menunjukkan model pembelajaran kontekstual yang dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi mahasiswa. Peningkatan dapat didasarkan pada hasil pra tes dan dan tindakan yang menunjukkan mahasiswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran dan mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis narasi. Pada siklus I, mahasiswa sudah terlibat aktif dalam pembelajaran, seperti mahasiswa melakukan kegiatan diskusi dan tidak ragu lagi untu menyampaikan pendapatnya. Siklus II, peningkatan menjadi lebih maksimal, semakin banyak mahasiswa yang tidak ragu lagi unutk menyampaikan pendapatnya dan kegiatan diskusi yang semakin terkondisi


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. (2013). Cooperative learning: teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Rofi’uddin dan Darmiati Zuchdi. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikelas tinggi. Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.
Gorys Keraf. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
H.E.Mulyasa. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Henry Guntur Tarigan. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Ida Bagus Putrayasa. (2007). Kalimat Efektif(Diksi, Struktur, dan Logika). Bandung: Refika Aditama.
Iskandarwassid dan Dadang Sumendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Johnson,Elaine B. (2009). Contextual teaching and learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Penerjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Kundharu Sadhono dan Y. Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwanti.
Published
2022-02-19
How to Cite
ARYZA, Solly; TUMANGGOR, esto. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMEBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN PROGRAM STUDI TEKNIK KONVERSI ENERGI SEMESTER IV T.A.2016/2017 POLITEKNIK NEGERI MEDAN. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 254-262, feb. 2022. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/4082>. Date accessed: 20 apr. 2024.