PENGARUH NILAI TUKAR NELAYAN (PENDAPATAN NELAYAN, PENDAPATAN NON NELAYAN, PENGELUARAN NELAYAN, PENGELUARAN NON NELAYAN) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (PENDIDIKAN,KESEHATAN, KONDISI FISIK RUMAH) DI DESA PAHLAWAN

Rahmad Sembiring

  • Rahmad Sembiring

Abstract

Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang relevan dalam mempengaruhi kemiskinan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat keluarga pesisir, mengatahuipengaruh signifikan factor-faktor relevan tersebut terhadap kemiskinan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat keluarga pesisir sementara target khusus dalam penelitian ini yaitu mengkaji kesejahteraan dan kemiskinan masyarakat pesisir dalam bidang perekonomian sehingga dapat membuka pemikiran dan wawasan masyarakat pesisir desa Pahlawan untuk menjadi keluarga mandiri.Meteri penelitian ini mengunakan materi kuantitatif dan materi deskriptif, Materi kuantitatif berkaitan dengan data variabel independen yaitu Variabel penelitian mencakup pendapatan nelayan (X1),pendapatan non nelayan (X2), Pengeluaran nelayan Desa(X3), Pengeluaran non nelayan (X4), dan variabel devenden adalah Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Pesisir (Y). Populasinya adalah seluruh keluarga rumah tangga di desa Pahlawan sebanyak 1452 keluarga dan sampel ditetapkan berdasarkan kuota sampling sebanyak 100 orang dengan teknik penarikan sampel berdasarkan kriteria. Analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Deskriptif dan Analisis Kuantitatif. Analisis Kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan metode regretion linier berganda.Hasil analisis diharapkan mampu menemukan faktor-faktor yang relevan dan signifikan mempengaruhi kemiskinan dan kesejahteraan keluarga nelayan pesisir sehingga dapat meningkatkan kemandirian ekonominya dan mampu mendukung perekonomian keluarganya dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu dari kajian ini diharapkan dapat membuka wawasan dan pola pikir para keluarga nelayan untuk lebih aktif dan kreatif dalam memberdayakan sumberdaya alam lingkungannya menjadi produk produk yang bernilai ekonomi, dapan menambah pendapatannya dan membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarganya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-02
How to Cite
, Rahmad Sembiring. PENGARUH NILAI TUKAR NELAYAN (PENDAPATAN NELAYAN, PENDAPATAN NON NELAYAN, PENGELUARAN NELAYAN, PENGELUARAN NON NELAYAN) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (PENDIDIKAN,KESEHATAN, KONDISI FISIK RUMAH) DI DESA PAHLAWAN. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 1836-1843, feb. 2018. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/42>. Date accessed: 03 may 2024.