ALIENASI DALAM FENOMENA PEMBELAJARAN DARING DI SMAK ST. ALBERTUS MALANG (TINJAUAN FILSAFAT RELASIONALITAS)

  • Albertus Bernando Agung Hamonangan Situmorang Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang

Abstract

Di masa pandemi ini, pembatasan sosial menjadi salah satu langkah untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19. Akibatnya semua kegiatan pembelajaran harus menggunakan media online. Proses pembelajaran daring mengakibatkan adanya keterasingan antar siswa khususnya di SMAK Dempo Malang. Hampir setiap hari para siswa saling bertemu secara virtual namun merasa asing satu sama lain. Melalui penelitian ini, penulis mencoba menganalisis hubungan yang terjadi dalam proses pembelajaran daring di SMAK St. Albertus Dempo Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena bentuk keterasingan dan pola hubungan dalam pembelajaran daring. Hasil yang diperoleh bahwa bentuk keterasingan di SMAK Dempo adalah Kebermaknaan, isolasi sosial, dan keterasingan diri. Pola hubungan yang terjadi adalah ketidakmampuan siswa bersosialisasi dengan baik, perasaan kesepian, penolakan, dan pemisahan dari nilai-nilai kelompok. Keadaan ini menyebabkan siswa menarik diri dari kehidupan sosial. Pembelajaran daring menyebabkan siswa terjebak dalam keterasingan dan memutus pola hubungan di antara mereka. Fenomena keterasingan ini menyebabkan siswa tidak lagi memahami, mengenal, memahami teman dan komunitasnya. Situasi pandemi ini telah mengubah cara hidup dan pola hubungan di antara mereka. Kata kunci: Alienasi; hubungan; komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemdikbud, pengelola web. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan
dalam Masa Darurat Covid-19. Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentangpelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19
Vol. 15 No. 2 Desember 2022 ISSN: 1979-54081
19
Kumar, F. (2016). Strategi Budaya dalam Filsafat Erich Fromm. Khazanah: Jurnal Studi Islam
dan Humaniora, 14, 185–208.
Mahbub, R. M. (2021). Alienation in the Historical Perspective : The Origin and the Cause.
IDEAS: A Journal of Literature Arts and Culture, 6, 71–86.
Riyanto, A. (2018). Relasionalitas Filsafat Fondasi Interpretasi: Aku, Teks, Liyan, Fenomen.
Kanisius.
Riyanto, F. E. A. (2020). Metodologi Pemantik dan Anotomi Riset Filosofis Teologis. Widaya
Sasana Publication.
Rosen, B. C., & Fromm, E. (1956). The Sane Society. In American Sociological Review (Vol.
21, Nomor 5). https://doi.org/10.2307/2089119
Sarfraz, H. (2015). Alienation: A Theoretical Overview. Pakistan Juornal of Psychological
Research, January 1997, 45–60.
https://www.researchgate.net/publication/271522454_Alienation_A_Theoretical_Overview
Syaikhudin, A. (2012). Konsep Pemikiran Pendidikan Menurut Paulo Freire Dan Ki Hajar
Dewantoro. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 10(1), 79.
https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.403
Wolff, Jonathan and Leopold, D. (2021). Karl Marx. In E. N. Zalta (Ed.), The Stanfo
Aryza, S., Lubis, Z., Indrawan, M. I., Efendi, S., & Sihombing, P. (2021). Analyzed New Design Data
Driven Modelling of Piezoelectric Power Generating System. Budapest International Research and
Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5537-5547
Lubis, Z., Aryza, S., & Annisa, S. (2019). Metode Terbaru Perancangan Proteksi Petir Eksternal
Pada Pembangkit Listrik. JET (Journal of Electrical Technology), 4(1), 26-34.
Published
2022-12-11
How to Cite
SITUMORANG, Albertus Bernando Agung Hamonangan. ALIENASI DALAM FENOMENA PEMBELAJARAN DARING DI SMAK ST. ALBERTUS MALANG (TINJAUAN FILSAFAT RELASIONALITAS). Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 12 - 19, dec. 2022. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/4608>. Date accessed: 17 may 2024.