PENGARUH TOTAL ASSET TURN OVER DAN DEBT TO ASSET RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERHOTELAN, RESTORAN DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2014-2017

Wasbun Siahaan

  • Wasbun Siahaan

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) dan Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial dan simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan Sub sektor Perhotelan, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Industri Perhotelan, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2014 sampai dengan 2017 berjumlah 10 perusahaan. Dari populasi diatas, maka penulis hanya memutuskan 9 perusahaan yang menjadi sempel penelitian.             Tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Secara parsial variabel Total Asset Turnover (TATO) menunjukkan ada pengaruh signifikan terhadap  Return On Asset (ROA) pada perusahaan sub sector Perhotelan, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara parsial pada variabel Debt to Asset Ratio (DAR menunjukkan ada pengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA)  pada perusahaan sub sector Perhotelan, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara simultan variabel Total Asset Turnover (TATO) dan to Asset Ratio (DAR) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan sub sector Perhotelan, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
, Wasbun Siahaan. PENGARUH TOTAL ASSET TURN OVER DAN DEBT TO ASSET RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERHOTELAN, RESTORAN DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2014-2017. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 119-131, dec. 2019. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/722>. Date accessed: 25 apr. 2024.