IDENTIFIKASI STRATEGI KEBERHASILAN LAYANAN E-GOVERMENT DI KOTA MEDAN
Abstract
Tingginya kebutuhan akses informasi teknologi yang harus cepat, akurat, efektif dan efisien menjadi suatu hal wajib dalam akrivitas sehari-hari dimana salah satunya yaitu di Kota Medan yang telah menggunakan layanan e-goverment pada sistem pemerintahannya. Sejalan dengan hal tersebut, peneliti merasa tertarik untuk mencoba mengidentidikasi strategi keberhasilan dalam layanan e-goverment di Kota Medan yang telah berjalan dari tahun 2017. Metodologi penelitian melalui pendekatan bersifat deskriptif yang dibagi kedalam 3 tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 identifikasi strategi keberhasilan pada layanan e-goverment di Kota Medan)
Downloads
References
Bank, T. W. (2002). New-Economy Sector Study, Electronic Government and Governance:.
CAHYADI, E. (2003). E-Government: Suatu Tinjauan Konsep dan Permasalaah. Journal The Winners, 4(1), 1-12.
Dawei, L. (2002). Models on Web Based Information Gap between E-government and Citizens, ISECS international collocium on computing, communication, control and management. IEEE Computer Society, 3, 156-160.
Fortune, J. a. (2006). Framing of project critical success factors by a systems model. International journal of project management, 26, 53-65.
Furuholt, B. a. (2008). E-government Challenges and the Role of Political Leadership in Indonesia: the Case of Sragen. the 41st Annual Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS 2008). Hawai.
GIL-GARCIA, J. &. (2005). T.A. E-Government success factors: mapping practical tools to theoretical foundations. Gov. Inform. Quart, 22, 187-216.
Ha, H. (2013). E-Government In Singapore: Critical Success Factor. IGI Global, Singapura.
HASIBUAN, Z. &. (0005). Standardisasi aplikasi e- government untuk instansi pemerintah. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi . Indonesia.
Heeks, R. (2003). Most e-government-for-development projects fail: how can risks be reduced? Manchester: Institute for Development Policy and Management, University of Manchester, 14.
INDRAJIT, R. E. (2002). Electronic government: strategi pembangunan dan pengembangan sistem pelayanan publik berbasis teknologi digital. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
JUNAIDI. (2011). Dukungan E-Government Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Elayanan Publik Di Era Otonomi Daerah : Kasus Best Practices Dari Sejumlah Daerah Di Indonesia. Proceeding Simposium Nasional Otonomi Daerah, LAB-ANE FISIP Untirta. Indonesia.
KUMOROTOMO, W. (2009). Kegagalan penerapan e-Government dan kegiatan tidak produktif dengan internet. http://Kumoro. Staff. Ugm. Ac. Id/Wp-Content/Uploads/2009/01/Kegagalan-Penerapan-Egov. Pdf.
NAPITUPULU, D. (2015). Kajian Faktor Sukses Implementasi E-Government Studi Kasus: Pemerintah Kota Bogor. Jurnal Sistem Informasi, 5(3), 229-236.
Napitupulu, D. (2015). Kajian Faktor Sukses Implementasi E-Government, Studi Kasus: Pemerintah Kota Bogor. SISFO 5.
Nasution, A. P. (2019). MPLEMENTASI E–BUDGETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN TRANPARANSI DAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DAERAH KOTA BINJAI. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 1-13
SILALAHI, M. N. (2015). Kajian Konsep dan Kondisi E-Government di Indonesia. Jurnal Penerapan Ilmu-Ilmu Komputer, 1, 10-16.
Sirat, B. I. (2013). nalisis Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Implementasi Government to Government Electronic Government (G2G E-Gov) di Indonesia Studi Kasus: Komandan SIKD. Dirjen Perimbangan Keuang.
Sitokdana, M. N. (2015). Evaluasi Implementasi eGovernment Pada Situs Web Pemerintah Kota Surabaya, Medan, Banjarmasin, Makassar dan Jayapura. Jurnal Buana Informatika, 6(4), 289-300.
Sudarsono, B. G. (2018). Kajian Literatur Model Konseptual Keberhasilan E-Government. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer) 2, no. 1. Indonesia.
UNITED-NATIONS. (2014). UN E-Government survey 2014: e-Government for the future we want. publicadministration.un.org.
Wheelen, T. L. (2012). Concepts in strategic management and business policy: Toward global sustainability. Pearso.
Yoon, J. a. (2009). Varying criticality of key success factors of national e-strategy along the status of economic development of nations. Government Information Quarterly, 26(1), 25-34.