SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN FUNGSI AKUNTABILITAS

  • Ayu Kurnia Sari Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Feby Milanie Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Hendra Saputra Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Sumarity Br. Manurung Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi penjualan dalam meningkatkan laba pada Cafetaria Murni Teguh Memorial Hospital, (2) untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi penjualan dalam memaksimalkan fungsi akuntabilitas pada Cafetaria Murni Teguh Memorial Hospital (3) untuk mengetahui seberapa efektif sistem akuntansi penjualan dapat meningkatkan fungsi akuntabilitas pada Cafetaria Murni Teguh Memorial Hospital. Objek penelitian dilaksanakan pada cafetaria Murni Teguh Memorial Hospital. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka digunakan analisis deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap objek yang sedang diteliti melalui data sampel. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder serta data yang digunakan adalah data yang bersifat kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik dokumentasi dan teknik kepustakaan (library research). Hasil penelitian penulis yaitu: bahwa untuk meningkatkan laba melalui penerapan sistem informasi akuntansi penjualan pada Cafetaria Murni Teguh adanya unsur-unsur sistem informasi akuntansi penjualan tunai, yaitu input, model yang mengolah data masukan, output dan teknologi, basis data yang dapat membantu proses penjualan tunai. Pemimpin perusahaan (manajemen) mengkoordinir secara rasional alat-alat produksi yang terdiri atas sumber daya alam, sumber daya modal, sumber daya manusia, sumber daya lingkungan dan sumber daya informasi dan cafeteria Murni Teguh menggunakan analisis efficiency (efisiensi) yang berhubungan dengan pemakaian sumber daya yang ada dan bagaimana sumber daya tersebut dapat digunakan. Berdasarkan penerapan sistem informasi akuntansi penjualan dalam meningkatkan fungsi akuntabilitas pada Cafetaria Murni Teguh cafetaria melakukan pemisahan tugas, yaitu pemisahan tugas bagian keuangan, dan tugas bagian penjualan cafetaria dan pemisahahan tugas food and nutrition. Penerapan sistem informasi akuntansi penjualan dapat meningkatkan fungsi akuntabilitas pada Cafetaria Murni Teguh. Sangat jelas karena cafetaria merupakan perusahaan yang akuntabel dimana setiap bagian dalam cafetaria memiliki kemampuan untuk menjelaskan kondisi yang dialami setiap bagian termasuk didalamnya keputusan yang diambil oleh setiap bagian dalam cafetaria Murni Teguh dan berbagai aktivitas yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasia Diana, Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Prosedur dan Penerapan. Edisi 1. Andi Yogyakarta: Yogyakarta.
Ardana Cenik, Hendro Lukman. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Pertama. Mitra Wacana Media: Jakarta.
Azhar Susanto. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Lingga Jaya: Bandung.
Bodnar, G.H dan Hopwood, W.S 2009. Buku Kesatu. Edisi Kedelapan. Sistem Informasi Akuntansi. Pretice Hall International.
Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi: Yogyakarta.
Hotna, Malasari. 2013. Peranan sistem informasi akuntansi menggunakan OAS (office accounting software) dalam penjualan tunai pada CV. Mega IT Professional. Universitas Darmawangsa.
Kurniawan. 2016. Pengaruh sistem informasi akuntansi penjualan terhadap efektivitas pengendalian internal penjualan pada PT. Niaga Swadaya Maksassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Marlisa, Ulfa. 2017. Sistem pengendalian intern penjualan karcis tol pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Belmera. Universitas Darmawangsa.
Marshall, Paul John. 2008. Accounting Information System. Edisi Sembilan. Salemba Empat: Jakarta.
Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Salemba Empat: Jakarta.
Rizky, Yoga Alifa. 2015. Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan PT Bintang Putra Mobilindo Honda Solo Baru. Universitas Muhammadiyah: Surakarta.
Rusiadi. 2015. Metode Penelitian. USU Pers: Medan
Suci, Rachmawati. 2013. Pengaruh sistem informasi akuntansi penjualan terhadap efektivitas pengendalian piutang pada PT. Permata Finance Samarinda. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.
Sujarweni V. Wiratna. 2015. Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press.
Tata Sutabri. 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Penerbit Andi: Yogyakarta.
Yoga, Alifa. 2015. Penerapan sistem informasi akuntansi penjualan PT Bintang Mobilindo Honda Solo Baru. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Zaki Baridwan. 2013. Edisi Kedua. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Published
2021-04-10
How to Cite
SARI, Ayu Kurnia et al. SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN FUNGSI AKUNTABILITAS. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 46-50, apr. 2021. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/1225>. Date accessed: 19 jan. 2022.