ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011 - 2015

Masta Sembiring, S.E, M.Ak

  • Masta Sembiring

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh. Terhadap harga saham pada perusahaan
real estat dan properti yang terdaftar di bursa efek indonesia. Data dikumpulkan dari laporan keuangan
di Direktori Pasar Modal Indonesia (ICDM), Bursa Efek Jakarta dan dari www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan real estat dan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2011 sampai dengan tahun 20015 di 54 perusahaan. Sampel dipilih dengan metode simple random sampling. Total sampel adalah 8 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rasio Utang Terhadap Ekuitas, Return On Asset, Return On Equity, Nilai Buku Per Saham, Rasio Pendapatan Berharga, Rividu Dividen Payout dan Net Profit Margin mempengaruhi harga saham secara simultan dan signifikan. Hasil penelitian ini dapat dibandingkan dengan penelitian sebelumnya yang direplikasi dari Setyawan (2006), karena selisih variabel independen yang digunakan. Secara parsial hanya Return On Asset, Return On Equity dan Book Value Per Share yang mempengaruhi harga saham secara signifikan kecuali Rasio Hutang Terhadap Ekuitas, Rasio Earning Price, Dividen Payout ratio dan Net Profit Margin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-09
How to Cite
, Masta Sembiring. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011 - 2015. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 32-43, mar. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/124>. Date accessed: 03 may 2024.