PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DENGAN KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA KABUPATEN/KOTA PROPINSI SUMATERA UTARA

Dwi Saraswati, S.Pd, M.Si

  • Dwi Saraswati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Transfer Antar Pemerintah dan Pengeluaran Pemerintah Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah dan untuk menguji pengaruh Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini terdiri dari 33 kabupaten / kota (25 Kabupaten dan 8 Kota) di Provinsi Sumatera Utara, dianalisis 3 tahun. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Produk Domestik Bruto (PDB) berdasarkan harga konstan untuk melihat Perkembangan Ekonomi Daerah Kabupaten / Kota di Provinsi Sumatera Utara, realisasi Pendapatan Asli Daerah, Transfer Antar Pemerintah, Belanja Pemerintah Daerah, Pemerintah Daerah Kinerja keuangan. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dan uji residual. Hasilnya terbukti bahwa Pendapatan Asli Daerah, Transfer Antar Pemerintah, dan Pengeluaran Pemerintah Daerah berpengaruh secara signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Hasil reserch ini menemukan, bahwa sebagian Pendapatan Daerah saja, dan Transfer Antar Pemerintah secara signifikan mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Oleh karena itu uji residual menunjukkan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah tidak memoderasi pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Transfer Antar Pemerintah dan Belanja Pemerintah Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-09
How to Cite
, Dwi Saraswati. PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DENGAN KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA KABUPATEN/KOTA PROPINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 44-55, mar. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/125>. Date accessed: 03 may 2024.