PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, TRANSPARANSI PUBLIKDAN AKTIVITAS PENGENDALIAN TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN PADA BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN TANAH DATAR

Rahima Br. Purba, S.E., M.Si., Ak., CA dan Azima Medina Amrul, S.E

  • Rahima Br Purba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, kegiatan
transparansi dan pengendalian publik akuntabilitas finansial daerah di badan keuangan daerah (bkd) tanah datar secara simultan dan parsial. Sampelnya adalah pegawai di badan keuangan daerah (bkd) tanah datar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, teknik sampling. Pertimbangan dalam penelitian ini adalah jumlah kecil staf bkd. Data secara empiris ini adalah data primer. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung kepada responden. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda. Untuk menguji hipotesis secara simultan dan sebagian menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel-variabel sistem akuntansi keuangan simultan, aktivitas transparansi dan pengendalian publik tidak mempengaruhi akuntabilitas keuangan. Sebagian sistem akuntansi keuangan daerah, kegiatan transparansi dan pengawasan publik tidak berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas keuangan daerah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-09
How to Cite
, Rahima Br Purba. PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, TRANSPARANSI PUBLIKDAN AKTIVITAS PENGENDALIAN TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN PADA BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN TANAH DATAR. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 99-111, mar. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/130>. Date accessed: 03 may 2024.