PENGARUH PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA PADA PT. ALFA SCORPII MEDAN
Hernawaty, SE., MM dan Brenden
Abstract
PT. Alpha Scorpii Medan perusahaan merek dealer motor Yamaha yang berada di Jalan H. Adam Malik No. 34, Medan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di perusahaan ini terkait dengan frekuensi promosi dan brand image yang sudah banyak diketahui dari PT. Alpha Scorpii. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen pemasaran yang berkaitan dengan promosi, brand image, dan keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert, jenisnya adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif explanatory. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Populasi penelitian ini adalah 277 responden yang merupakan konsumen / pembeli Sepeda Motor
Yamaha di PT. Alpha Scorpii. Untuk sampel uji, 163 responden konsumen digunakan, dimana 30 responden menguji validitasnya dan 163 responden digunakan sebagai sampel uji. Hasil penelitian pada hipotesis menunjukkan bahwa harga dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan secara simultan, promosi dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,500 yang berarti keputusan pembelian dapat
dijelaskan dengan variabel promosi dan brand image sebesar 50%, dan sisanya 50% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diperiksa. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial dan simultan, ada pengaruh yang signifikan dari promosi atau brand image terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di PT. Alfa Scorpii, Medan.