Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Persediaan terhadap Return On Asset dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Handriyani Dwilita, SE., M.Si dan Defriana Sianturi, SE

  • Handriyani Dwilita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja dan perputaran persediaan
terhadap Return On Assetdengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderating pada perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011-2015. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perputaran modal kerja dan perputaran persediaan sebagai variabel independen, return on asset sebagai variabel dependen dan Corporate Social Responsibilitysebagai variabel moderating. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda, uji moderating yang menggunakan uji nilai selisih mutlak. Dengan terlebih dahulu melakukan pengujian atas asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perputaran modal kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Return On Asset, (2) perputaran persediaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Return On Asset, (3) perputaran modal kerja dan perputaran persediaan secara simultan berpengaruh terhadap Return On Asset, (4) Corporate Social Resposibility mampu memoderasi hubungan antara perputaran modal kerja terhadap Return On Asset, (5) Corporate Social Resposibility tidak mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas terhadap Return On Asset.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-09
How to Cite
, Handriyani Dwilita. Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Persediaan terhadap Return On Asset dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 144-153, mar. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/135>. Date accessed: 03 may 2024.