PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN DANA PERIMBANGAN SEBAGAI PEMODERASI DI KABUPATEN/KOTA SUMATERA UTARA

Dwi Saraswati;

  • Dwi Saraswati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendapatan asli daerah, belanja modal terhadap pertumbuhan ekonomi dan dana perimbangan sebagai pemoderasi di kabupaten / kota di Sumatera Utara. Populasinya adalah 33 kabupaten / kota (25 kabupaten dan 7 kota) di Sumatera Utara. Sampel (25 kabupaten dan 7 kota). Data tersebut terdiri dari PDB (Produk Domestik Regional Bruto) dengan harga konstan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi di kabupaten / kota Sumatera Utara, realisasi PAD (pendapatan daerah), belanja modal, dan dana perimbangan. Data tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistik Sumatera Utara dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier dan uji residual. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t, menunjukkan bahwa sebagian PAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dan belanja modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji F, menunjukkan bahwa secara simultan PAD dan belanja modal berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan berdasarkan uji residual menunjukkan bahwa dana perimbangan tidak memoderasi hubungan antara PAD, belanja modal dan pertumbuhan ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-24
How to Cite
, Dwi Saraswati. PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN DANA PERIMBANGAN SEBAGAI PEMODERASI DI KABUPATEN/KOTA SUMATERA UTARA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 54-68, sep. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/237>. Date accessed: 30 apr. 2024.