DETERMINAN CLIENTELE EFFECT THEORY DAN SIGNALING THEORY DALAM MEMPREDIKSI DIVIDEN (STUDI PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN KOMPONENNYA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Pipit Buana Sari; Siti Lestiani

  • Pipit Buana Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji apakah berdasarkan clientele effect theory yaitu leverage, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan serta signaling theory yaitu profitabilitas dan ukuran perusahaan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap divident payout ratio pada perusahaan
otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan 11 perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder dengan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan regresi panel. Uji F dan uji t digunakan dalam menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa clientele effect theory dan dan signaling theory yaitu leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap divident payout ratio, serta likuiditas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap divident payout ratio pada perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap divident payout ratio dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap divident payout ratio pada perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-24
How to Cite
, Pipit Buana Sari. DETERMINAN CLIENTELE EFFECT THEORY DAN SIGNALING THEORY DALAM MEMPREDIKSI DIVIDEN (STUDI PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN KOMPONENNYA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 158-176, sep. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/244>. Date accessed: 30 apr. 2024.