PENDIDIDIKAN ANAK LERENG GUNUNG : ASA PENDIDIKAN NASIONAL DI LERENG TENGGER ARGOSARI LUMAJANG

  • Muhaiminah Darajat IAI Syarifudin Lumajang

Abstract

kajian yang diangkat adalah pendididikan anak lereng gunung : asa pendidikan nasional di lereng tengger argosari lumajang dalam penelitian ini ada tiga pertanyaan penting, pertama, bagaimana demografi sosiohistoris di desa argosari tengger luamajang jawa timur ? kedua, bagaimana respos masyarakat tengger terhadap pendidikan wajib 12 tahun ? ketiga, revitalisasi efektifitas pendidikan wajib belajar 12 tahun bagi anak-anak tengger lereng semeru ? dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus tunggal, karena tujuan peneliti dalam penelitian kali ini berfokus pada satu isu tertentu yang ada dalam lingkup masyarakat tengger argosari, yaitu “minimnya masyarakat tengger argosari dalam  melakukan penuntasan kebijakan wajib belajar 12 tahun”. Dalam penelitian ini, terkait dengan respon masyarakat terhadap kebijakan yang telah di sahkan oleh pemerintah, yaitu wajib belajar 12 tahun, peneliti mendapatkan satu kesimpulan yang penting untuk diketahui oleh peneliti sendiri dan juga oleh para pembaca. kesimpulan dapat diambil dari kasus ini adalah, bahwasanya untuk melakukan pendidikan tidak harus dengan sekolah formal. pendidikan dalam menjaga adat/tradisi dalam sebuah daerah juga penting untuk kesejahteraan dan berlangsungnya kehidupan dalam suatu daerah tersebut.

Published
2020-12-02
How to Cite
DARAJAT, Muhaiminah. PENDIDIDIKAN ANAK LERENG GUNUNG : ASA PENDIDIKAN NASIONAL DI LERENG TENGGER ARGOSARI LUMAJANG. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 151-162, dec. 2020. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/3952>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v6i1.3952.