PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KHALIFAH HARUN AR-RASYID

  • Manshuruddin Manshuruddin UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Abstract

Tulisan ini mencoba membahas upaya Khalifah Harun ar-Rasyid dalam pengembangan intelektualitas dan pendidikan Islam serta implikasi pemikiran Khalifah Harun Ar-Rasyid terhadap perkembangan pendidikan Islam melalui pendekatan sejarah. Diantara upaya yang dilakukan oleh Khalifah Harun ar-Rasyid antara lain gerakan penerjemahan, mendirikan lembaga pendidikan Islam seperti Baitul-Hikmah yang kemudian diberi nama Khizanatul Hikmah, Kuttab/Maktab, toko buku, majelis sastra/salon, perpustakaan, masjid, rumah dinas. ulama, madrasah, pendidikan di keraton, dan ribath melalui pendekatan akulturasi peradaban Islam dan peradaban lain, khususnya Persia dan Yunani. Khalifah Harun Ar-Rasyid menciptakan sistem pendidikan Islam klasik dengan menerapkan konsep multikultural, nilai-nilai yang dikembangkan adalah semangat toleransi, keterbukaan, kesetaraan, kebebasan, keadilan, keragaman, dan demokrasi dengan beberapa komponen pendidikan yaitu: pendidik profesional dan karakter, metode pembelajaran seperti metode Qira'ah, lisan, ceramah, hafalan, diskusi, dan tulisan, materi pendidikan wajib dan pilihan, serta pembagian waktu mulai pagi hingga Ashar.

Published
2022-07-19
How to Cite
MANSHURUDDIN, Manshuruddin. PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KHALIFAH HARUN AR-RASYID. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1-11, july 2022. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4243>. Date accessed: 09 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v7i2.4243.