Peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan

  • Sontayati Sihite Kementerian Agama Kabupaten Humbang Hasundutan

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menginvestigasi peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam di Kabupaten Humbang Hasundutan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MUI memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam di daerah tersebut. Melalui berbagai program dan inisiatif, seperti pelatihan untuk guru, pemberian rekomendasi bahan ajar, serta pemantauan dan evaluasi terhadap lembaga pendidikan Islam, MUI berupaya untuk memastikan bahwa standar pendidikan Agama Islam di daerah tersebut memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Selain itu, MUI juga berperan aktif dalam mengadvokasi pentingnya pendidikan Agama Islam yang berkualitas di masyarakat, serta menjadi jembatan antara pemerintah dan lembaga pendidikan dalam hal pengembangan dan perbaikan sistem pendidikan Agama Islam. Kesimpulannya, MUI memiliki peran kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam di Kabupaten Humbang Hasundutan dan upaya mereka sejalan dengan aspirasi masyarakat setempat dalam memiliki pendidikan Agama Islam yang berkualitas.

Published
2023-09-26
How to Cite
SIHITE, Sontayati. Peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 66-73, sep. 2023. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4656>. Date accessed: 19 may 2024.