STRATEGI PENGENDALIAN PRAKTEK JUAL BELI BANGKU DI SEKOLAH FAVORIT: Upaya Sekolah Dan Pemerintah
Abstract
Tulisan ini praktek jual beli bangku di sekolah favorit telah menjadi masalah yang semakin meresahkan di berbagai sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengendalian yang dapat diterapkan oleh sekolah dan pemerintah dalam menangani fenomena ini. Melalui pendekatan kualitatif, kami melakukan studi kasus di beberapa sekolah favorit dan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini mengidentifikasi beberapa strategi yang dapat digunakan oleh sekolah dan pemerintah untuk mengendalikan praktek jual beli bangku. Pertama, sekolah dapat meningkatkan pengawasan di area sekolah, memasang CCTV, dan meningkatkan kesadaran siswa tentang konsekuensi hukum dan etika dari praktek ini. Kedua, pemerintah dapat memberlakukan peraturan yang lebih ketat terkait dengan jual beli bangku di lingkungan sekolah dan memberikan sanksi yang tegas bagi pelaku. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara sekolah dan pemerintah dalam mengatasi masalah ini. Dengan menggabungkan upaya mereka, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih aman dan bebas dari praktek jual beli bangku. Implementasi strategi pengendalian yang efektif akan memberikan manfaat besar bagi sekolah favorit dan komunitas pendidikan secara keseluruhan
References
Ependi, R. (2020). Menakar Permasalahan Pendidikan Islam dalam Presfektif Islam Transitif. Hikmah, 17(1), 34–45. https://doi.org/10.53802/HIKMAH.V17I1.78
Firmawati, Y. N. U. (2017). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(3). https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/9025
Hamdan, H., Aprina, A., Rochman, M., Husnurijal, H., Eliana, L., & Rahmawati, I. (2023). MENGEKSPLORASI MPLEMENTASI KEPEMIMPINAN ADAPTIF DI SEKOLAH ISLAM TERPADU. FASTABIQ: JURNAL STUDI ISLAM, 4(2), 185–199. https://doi.org/10.47281/FAS.V4I2.142
Jejen Musfah (Ed.). (2022). Kepemimpinan Pendidikan. Prenamedia Grup.
Matthew B. Miles, & A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif; Buku Sumber tentang Metode-Metode Bau (Tjetjep Rohendi Rohidi, Ed.). UI-Press.
Mawardi, I. (2016). PENDIDIKAN ISLAM TRANSDISIPLINER DAN SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 253. https://doi.org/10.15575/JPI.V28I2.547
Mulyaningsih. (2020). KEPEMIMPINAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN.
Nasir Usman. (n.d.). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU. Retrieved February 6, 2023, from https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/9025
Rembangy, M. (2010). Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi (2nd ed.). Teras.
Setiadi, A. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI APARATUR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. Journal of Management Review, 2(2), 209–218. https://doi.org/10.25157/JMR.V2I2.1797
Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I1.417
Tumiran, T., Efendi, R., & Siregar, B. (2022). PENGUATAN MASALAH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN PENGELOLAAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP ISLAMI DI SD NEGERI 106153 KLAMBIR LIMA KEBUN HAMPARAN PERAK. Warta Dharmawangsa, 16(3), 422–436. https://doi.org/10.46576/WDW.V16I3.2236
Ulfah, E. D., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I1.392