PROSES PEMBELAJARAN DI RUMAH UNTUK ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Salma Rozana UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran di rumah untuk anak usia dini di masa pandemi wabah covid-19 di PAUD atau TK yang berada di kelurahan Bahorok, Kecamatan Langkat, Sumatera Utara. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat induktif. Penelitian ini dilaksanakan untuk para Guru TK atau PAUD yang tergabung dalam HIMPAUDI di kelurahan Bahorok. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi masih banyak kendala yang dialami oleh orang tua dan juga guru-guru dalam memberikan tugas dan mengajarkan anak-anak melalui via daring.

References

Abdul Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Ependi, R. (2019). MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM: LATAR BELAKANG, CAKUPAN DAN POLA. Jurnal Al-Fatih, 2(1), 79–96. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/26

Ependi, R. (2020). Menakar Permasalahan Pendidikan Islam dalam Presfektif Islam Transitif. Hikmah, 17(1), 34–45. https://doi.org/10.53802/HIKMAH.V17I1.78

Munawaroh, H. (2017). Implementasi Pembelajaran Tari Dalam Mengembangkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.14421/JGA.2017.22-03

Santika, I. G. N. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127. https://doi.org/10.23887/JIIS.V6I2.28437

Sulaiman, A., Indah Sari, F., Amin, R., Guntur, D., & Samsul Bahri, M. (2021). Edukasi Dan Bimbingan Belajar Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25–30. http://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/AP/article/view/1296

Supriyanti, D., Herdianti, T., & Fitriyanti, I. (2024). PENGEMBANGAN BAKAT DAN KREATIVITAS ANAK. Jurnal Evaluasi Pendidikan (JEP), 6(1). https://journalpedia.com/1/index.php/jep/article/view/819

Sutarjo Adisusilo. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. PT Rajagrafindo Persada,.

Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., Pratama, E. A., Riskiana, A., Amilia, N. Y., & Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.23917/BKKNDIK.V1I2.10791
Published
2023-12-14
How to Cite
ROZANA, Salma. PROSES PEMBELAJARAN DI RUMAH UNTUK ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 9, n. 01, p. 45-50, dec. 2023. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4747>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v9i01.4747.