Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD IT Darul Abror

  • Doli Siregar Guru PPKN SD IT Darul Abror

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penerapan media pembelajaran inovatif dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas V SD IT Darul Abror. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain siklus ganda. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran inovatif, seperti video pembelajaran interaktif dan permainan edukatif, mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran PKn. Peningkatan ini terlihat dari partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, pemahaman yang lebih baik terhadap materi, dan peningkatan nilai ujian. Implikasi penelitian ini adalah perlunya pengembangan strategi pembelajaran inovatif dalam meningkatkan minat belajar PKn di SD IT Darul Abror.

References

Abdin, M., & Tuharea, J. (2023a). Pendidikan Multikultural: Membangun Kesatuan Dalam Keanekaragaman. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1148–1153. https://doi.org/10.31316/JK.V7I1.5219

Abdin, M., & Tuharea, J. (2023b). Pendidikan Multikultural: Membangun Kesatuan Dalam Keanekaragaman. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1148–1153. https://doi.org/10.31316/JK.V7I1.5219

Bela Vista, E. R., Chasanatun, F., & Kustini, K. (2023). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MEDIA GAME ONLINE WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PPKN. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 271–279. https://doi.org/10.36379/AUTENTIK.V7I2.357

Handoko, K. (2016). PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI GUDEP MADRASAH ALIYAH NEGERI BABAKAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016/ 2017. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). https://doi.org/10.33061/GLCZ.V2I2.1566

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1594–1601. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I4.629

Kurniawan, M. I. (2013). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER KE DALAM PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. https://doi.org/10.22219/JP2SD.V1I1.1528

Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 652–656. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V6I1.3206

Naim, N. (2011). Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I5.880

Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V8I1.339

Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2737

Pangestu, A., Fatah, M. F., Untsa, A., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Youtube dan Quiziz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8775–8784. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I5.3952

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/PTK.V2I1.47

Saputri, A. I. D., Pangestu, E. W. P., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Andayani, T. W. (2023). Penerapan Media Inovatif Berbasis Problem Based Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3548–3558. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V7I6.6404

Utami, A. D. D., Marini, A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855–6865. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3365
Published
2022-12-15
How to Cite
SIREGAR, Doli. Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD IT Darul Abror. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 121-129, dec. 2022. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4749>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v8i1.4749.