PERAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MEMBANGUN KARAKTER MAHASISWA DI STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
Abstract
Tujuan tulisan menjelaskan Pendidikan akhlak memiliki peran yang sangat penting dalam membangun karakter mahasiswa, khususnya di lingkungan perguruan tinggi seperti STMIK Triguna Dharma Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pendidikan akhlak berpengaruh dalam pembentukan karakter mahasiswa di STMIK Triguna Dharma. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak yang diterapkan melalui berbagai program dan kegiatan di kampus memiliki dampak positif dalam membentuk karakter mahasiswa yang berintegritas, beretika, dan bertanggung jawab. Pendidikan akhlak juga berperan dalam menanamkan nilai-nilai moral yang esensial bagi kehidupan sosial dan profesional mahasiswa. Dengan demikian, pendidikan akhlak di STMIK Triguna Dharma Medan tidak hanya mendukung pencapaian akademik tetapi juga membentuk mahasiswa yang berkarakter baik dan siap menghadapi tantangan kehidupan.
References
Ariyana, A. (2023). Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa pada Kurikulum Merdeka. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8125
Ependi, R. (2019). MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM: LATAR BELAKANG, CAKUPAN DAN POLA. Jurnal Al-Fatih, 2(1), 79–96. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/26
Ependi, R. (2020). Menakar Permasalahan Pendidikan Islam dalam Presfektif Islam Transitif. Hikmah, 17(1), 34–45. https://doi.org/10.53802/HIKMAH.V17I1.78
Ependi, R., & Penggabean, H. S. (2020). REGENERASI ULAMA: ANTARA PESANTREN DAN PENDIDIKAN KADER ULAMA. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 6(1), 45–59. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/1091
Hidayat, M. G., & Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 25. https://doi.org/10.30868/EI.V6I12.181
Mannan, A. (2018). ESENSI TASAWUF AKHLAKI DI ERA MODERNISASI. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 4(1), 36–56. https://doi.org/10.24252/AQIDAHTA.V4I1.5172
Matthew B. Miles, & A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif; Buku Sumber tentang Metode-Metode Bau (Tjetjep Rohendi Rohidi, Ed.). UI-Press.
Nasucha, J. A., Sukiran, A. S., Rahmah, K., Sari, A. I., & Ismail, M. (2022). Pendidikan Akhlak Perspektif Kh. Hasyim Asy’Ari dan Relevansi dalam Pendidikan Agama Islam. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 16(1).
Nasution, Z. (2019). KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ALQURAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Al-Fatih, 2(1), 50–66. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/24
Nawawi, A. (2018). Pengajian Remaja Dan Kontribusinya Dalam Pembentukan Akhlak Generasi Muda Di Bulak Setro Surabaya. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 9(1), 120–132. https://doi.org/10.36835/SYAIKHUNA.V9I1.3193
Nazaruddin. (2019). STRATEGI GURU MELALUI PENDIDIKAN TA’DIB DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 14(2), 50–56. http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/azkia/article/view/280
Nofialisman, R. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa. An-Nuha, 3(2), 285–291. https://doi.org/10.24036/ANNUHA.V3I2.299
Nurussakinah Daulay. (2021). MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA BARU. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 21–35. https://doi.org/10.25299/AL-HIKMAH:JAIP.2021.VOL18(1).5011
Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2737
Yunan Harahap, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/JIMPS.V8I2.24720
- You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.