Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas III SD Nanda Al-Manaf Kab. Deli Serdang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI Siswa Kelas III SD Nanda Al-Manaf Kab. Deli Serdang. Faktor pendukung dan penghambat peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI Siswa Kelas III SD Nanda Al-Manaf Kab. Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Lokasi penelitian ini adalah di SD Nanda Al-Manaf. Untuk mendapatkan sumber data yang akurat peneliti langsung terjun ke lokasi penelitian untuk melakukan pengamatan observasi, kemudian melakukan wawancara kepada beberapa pihak untuk menemukan informasi yang akurat serta melakukan dokumentasi terkait pengamatan dan kegiatan yang terjadi di lapangan. Menganalisis data reduksi data melalui display data (penyajian data) setelah data direduksi maka langkah selanjutnya mendisplay data Penarikan Kesimpulan Meskipun pada reduksi data kesimpulan. Hasil penelitian Metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Faktor pendukung pembelajaran demonstrasi di sekolah antara lain tersedianya sarana dan prasarana yang cukup, kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua siswa, minat belajar siswa yang tinggi, lingkungan belajar yang nyaman, konsistensi dalam belajar, dan keterlibatan dalam proses belajar . Beberapa faktor penghambat peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI antara lain: kurangnya motivasi siswa, kesiapan guru yang kurang, keterbatasan sarana dan prasarana, serta dukungan kepala sekolah yang tidak memadai.
References
Djamarah, S. B. (2006). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. PT Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Meldawati. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Pai Materi Salat Dengan Metode Demonstrasi Siswa Kelas III SDN Muara Maruwei II. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya.
Miftahurrohmah, S. F. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Shalat pada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas VII SMP Islam Ulil Albab. Urnal Kajian Pendidikan Agama Islam.
Miles dan Hubermen. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Ashri Publishing.
Mujiono, D. (2008). Belajar dan Pembelajaran. PT. Grafika Aditama.
Nana, S. (2007). “Media pengajaran penggunaan dan pembuatannya. “Media pengajaran penggunaan dan pembuatannya.
Nasution, M. A. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 2. LFABETA.
Sabri, A. (2007). Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional IAIN Fakultas Tarbiyah. Pedoman Ilmu Jaya.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian kualitatif, (Bandung Alfabeta, 2014), H.1.
Wina, S. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana.
- You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.