INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTERVENSI PROGRAM KEAGAMAAN DI SDIT BUNAYYA MEDAN SUNGGAL

  • Doni Kusuma Lubis UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan memahami: 1) internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui intervensi program keagamaan di SDIT Bunayya Medan Sunggal, 2) faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui intervensi program keagamaan di SDIT Bunayya Medan Sunggal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, serta analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui melalui intervensi program keagamaan mencakup, 1) Sapa salam “assalamu’alaikum” dan bersalaman, 2) pembelajaran kosa kata bahasa Arab, 3) Tahfizul Quran, 4) shalat Dhuha, 5) shalat Dzhuhur berjama’ah, 6) Tadarrus al-Quran, 7) Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Adapun faktor pendukung internalisasi nilai pendidikan karakter berupa, 1) Kodusifitas psikologi siswa, 2) Kompetensi guru yang memumpuni, dan 3) Fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya berupa 1) menurunnya motivasi siswa, 2) kurangnya sinergitas antar guru dan orang tua.

References

Abdullah, M. Y. (2007). Studi akhlak dalam perspektif al Quran. (1st ed.). Amzah.
Ambar Sari. (2024). Strategi Guru PAI Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif dan Menyenangkan Di Kelas VII SMP Pelita Cendekia Cipining Bogor. Banjarese: Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 264-278. https://doi.org/10.62504/krtnws63.
Amirah Mawardi. (2023). Membaca Al-Quran Dan Kecerdasan Spiritual: Sebuah Studi Pada Santri Pondok Pesantren Khairul Ummah Kabupaten Bantaeng. Jurnal PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. 14(1), 105-112. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/12587
Aprilia, S., & Sajari, D. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam. 5(2), 211-222. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3114.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2). DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842.
Dedy, et. Al. (2022). Management Of Character Education Strengthening Program In Building The National Soul Of Vocational School Students In Bandung City (Case Study at SMKN 9 and SMKN 13 Bandung). International Journal of Educational Research and Social Sciences. doi: 10.51601/ijersc.v3i1.271.
Desriyani, & Marlina. (2020). Pengaruh Shalat Dhuha terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di MIN 1 Kendari. Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 9-15. DOI : 10.31332/dy.v1i1.1854
Dirgantini, S., Qodriani, S., Sundari, S., Nuryanti, A., & Nugraha, M. (2023). Implementasi Peningkatan Karakter Religius Melalui Program Keassalaman Berdasarkan IASP 2020. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 5(1), 110-119. https://doi.org/10.37758/annawa.v5i1.624
Endah Sulityowati. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.
Frederico, et al. (2019). A Little Knowledge is a Dangerous Thing: Excess Confidence Explains Negative Attitudes Towards Science. Social Science Research Network. doi: 10.2139/SSRN.3360734.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
J.P Chalpin. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1989). Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Lusi Frisia. (2022). The Correlation between students' reading skill and memorizing al-Qur'an in MTs Mu'allimin Muhammadiyah Tahfizhul Qur'an. Lissanuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1). DOI: 10.15548/lisaanuna.v5i1.3882
M, Iswari., Neviyarni, & R, Hayati. (2020). The Improvement Of Students’ Moral Reasoning Through The Intelligent Character Education Of Classical Formats Model. EUDL: Ueropean Union Digital Library. doi: 10.4108/EAI.11-12-2019.2290897.
Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muhaimin, M. A. (2012). Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Najla, A. (2017). Peran Pengajian Terhadap Perkembangan Konsep Keberagamaan Pada Diri Remaja Di Kota Banjarmasin. Al-Hiwar Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 5(2). https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v5i10.1889
Rosivia. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 661-831. DOI: https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3811
Skinner, B. F. (1953). Science and Human Behavior. New York: Macmillan.
Zakiyah Drajat. (1992). Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Published
2024-09-05
How to Cite
LUBIS, Doni Kusuma. INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTERVENSI PROGRAM KEAGAMAAN DI SDIT BUNAYYA MEDAN SUNGGAL. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 64-76, sep. 2024. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4813>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v9i2.4813.