STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN

  • Zainidah Siagian Universitas Islam Sumatera Utara

Abstract

Tulisan ini menjelaskan untuk mendeskripsikan strategi rencana kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MIS Nidaul Insan. Untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru. Untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan sarana dan prasarana madrasah. Untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam melibatkan wali murid dalam mengembangkan mutu pendidikan. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, diskusi terfokus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, tata usaha madrasah, guru madrasah dan orang tua wali murid.  Hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi kepala madrasah dalam kegiatan perencanaan pengembangan mutu pendidikan yaitu melakukan musyawarah bersama keluarga yayasan, guru, staf yang diadakan satu tahun sekali  yang kemudian dicatat dan diinput ke aplikasi ERKAM. Untuk meningkatkan pengembangan guru yang berkompetensi kepala madrasah mempunyai strategi dengan melakukan kegiatan supervisi atau kunjungan ke kelas dengan menilai guru – guru dalam belajar mengajar, memotivasi, dan pengarahan mengikuti pelatihan, namun sebagian guru ada yang tidak mematuhi aturan sering terlambat dan tidak melakukan perbaikan dengan apa yang telah di evaluasi kepala madrasah. Strategi kepala madrasah dalam mengembangkan sarana prasarana ialah dengan cara melakukan perencanaan, pemanfaatan, dan perawatan yang baik, namun masih ada sarana prasarana madrasah belum lengkap. Hubungan madrasah dengan masyarakat terjalin dengan baik madrasah mampu mengumpulkan masyarakat pada acara dan pengambilan raport sehingga orang tua dan masyarakat dapat mengenal dan bekerja sama untuk mencapai tujuan.

References

Arianto, D. (2023). KONSEP DEMOKRASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Tarbiyatul Misbah (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan), 16(1), 15–27. https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/pai/article/view/329
Budiman, S., Wachid, A., & Suharto, B. (2021). FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN JASMANI. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/JISIP.V5I3.2195
Hadi, S., & Sasongko, R. N. (2022). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 16(2), 1–9. https://doi.org/10.33369/MAPEN.V16I2.23106
Matthew B. Miles, & A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif; Buku Sumber tentang Metode-Metode Bau (Tjetjep Rohendi Rohidi, Ed.). UI-Press.
Omeri, N. (2015). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3). https://doi.org/10.33369/MAPEN.V9I3.1145
Putra, A. D., Sauri, S., & Kosasih, A. (2022). Pendidikan Musik sebagai Wahana Pendidikan Nilai. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V4I1.78
Widyanto, I. (2022). Politik pendidikan: Respons kebijakan desentralisasi dalam penyelenggaraan urusan pendidikan menengah di Kota Surabaya. Jurnal Politik Indonesia (Indonesian Journal of Politics), 8(2). https://doi.org/10.20473/jpi.v8i2.39940
Published
2024-09-12
How to Cite
SIAGIAN, Zainidah. STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 77-82, sep. 2024. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4814>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v9i2.4814.