KEMITRAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA PANCA BUDI MEDAN

  • Hernawan Syahputra Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Sekolah SMA Panca Budi bisa menjalin kemitraan, antara lain dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dunia usaha, dunia industri, lembaga pemerintah, organisasi profesi, organisasi pemuda, dan organisasi wanita. Secara konseptual dan teoritis kemitraan akan mendorong sekolah menjadi lebih berkualitas dan efektif. Namun secara faktual selalu saja sekolah akan menghadapi orang-orang yang mempunyai tipe dan sifat mau menang dan mau untung sendiri. Orang seperti ini biasanya tidak memiliki tanggung jawab yang memadai, karena yang dipikirkannya adalah keuntungan pribadinya. Kemitraan merupakan salah satu bagian dari kerja sama yang dijalin oleh SMA Panca Budi dengan mitranya. Kerja sama tersebut menjadi salah satu aspek penting dalam mengembangkan jejaring antar sekolah serta meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di sekolah. Kemitran yang ada di SMA Panca Budi tidak akan terjalin dengan baik tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak. Strategi pelaksanaan yang dilakukan oleh SMA Panca Budi diantaranya adalah dengan menjaga komunikasi dengan mitra, selalu mengupdate kerjasama dan memiliki modal kepercayaan. Strategi pelaksanaan yang dikembangkan di SMA Panca Budi mengacu pada konsep dan prinsip kemitraan yang diungkapkan oleh Tony Lendrum (2003), yang intinya adalah kemitraan tidak akan terjalin tanpa adanya suatu prinsip yang kuat. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah pelaksanaan kemitraan di SMA Panca Budi Medan telah sesuai dengan indikator keberhasilan strategis, serta untuk melihat apakah kemitraan di SMA Panca Budi Medan ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembiayaan sekolah di SMA Panca Budi Medan.

References

Ambar Teguh Sulistiyani, Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gaya Media, 2004.
Hendyat Soetopo dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara, 1986.
Iskandar Wiryokusumo, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya, 2002.
Nana Rukmana, Strategic Partnering for Educational Management (Model Manajemen Berbasis Kemitraan). Bandung: Alfbeta, 2006.
Nanang Fattah, Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2000.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Standar Nasional Pendidikan Nomor 19 Tahun 2005.
Pusbangtendik, Kemitraan Sekolah dengan Pihak Eksternal. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, 2015.
Syaiful Sagala, Human Capital Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas. (Depok: PT. Kharisma Putra Mandiri, 2017), h. 257-258.
Soekidjo Notoatmojo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Uhar Suharsaputra, Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama, 2010.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winarno Surahmad, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Proyek Pengadaan Buku Sekolah Pendidikan Guru, 1977.
http://mbscenter.or.id/site/page/id/162/page_action/viewdetail
https://suaidinmath.wordpress.com/2011/05/05/juknis-pengembanga-kerjasama-dan-kemitraan-satuan-pendidikan/
http://dapodiknews.blogspot.com/2016/04/strategi-program-kemitraan-sekolah.html
http://bsnp-indonesia.org/standar-pembiayaan-pendidikan/
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/01/18/konsep-dasar-manajemen-keuangan-sekolah/
Published
2024-12-02
How to Cite
SYAHPUTRA, Hernawan. KEMITRAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA PANCA BUDI MEDAN. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 27-46, dec. 2024. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4832>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v10i1.4832.