Transformasi Karakter Siswa melalui Praktik Mujahadah An-Nafs: Studi Kasus di SMA Ar-Rahman Kecamatan Helvetia Sumatera Utara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana praktik mujahadah an-nafs berkontribusi dalam mentransformasi karakter siswa di SMA Ar-Rahman Kecamatan Helvetia, Sumatera Utara. Mujahadah an-nafs, yang bermakna perjuangan melawan hawa nafsu, merupakan konsep spiritual dalam Islam yang menekankan pada pengendalian diri, kesabaran, dan peningkatan kualitas jiwa. Dalam konteks pendidikan, konsep ini diimplementasikan melalui kegiatan keagamaan rutin seperti shalat malam, dzikir bersama, pembinaan akhlak, dan muhasabah diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik mujahadah an-nafs memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter siswa, khususnya dalam aspek kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, dan spiritualitas. Peran pembina terbukti sangat penting dalam membimbing siswa melalui proses ini, baik sebagai fasilitator, teladan, maupun pembimbing spiritual. Transformasi karakter siswa yang terjadi merupakan bukti bahwa integrasi nilai-nilai sufistik dalam pendidikan formal dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan religius.
References
Agustia, N. R., Batubara, F. A., & Nofianti, R. (2023). Bimbingan Orang Tua Terhadap Anak Dalam Menanamkan Kesadaran Beribadah Sholat di Desa Kelambir V Kebun Kab. Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2490.https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13601/10339
Arroisi, J., Saifuddin, A. F., & Islam, M. N. (2024). Terapi Psikosomatis Ibnu Sina (Analisa Studi Al-Nafsdalam Psikologi Islam). Spiritualita: Journal of Ethics and Spirituality, 8(1), 1–14.
Ath-Thabari, A. J. M. B. J. (2008). Tafsir Ath-Thabari, terj.Ahsan Askan, jilid.3. Pustaka Azzam.
Azizah, N., & Subaidi. (2022). Urgensi pengajaran hadits mujahadah an-nafs terhadap perkembangan sosial-emosional anak dalam perspektif Emile Durkheim. Preschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 64–73. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/index%0
AUrgensi
Badriyan, M. K., Hidayat, N., (2024). Pembentukan Karakter Religius Santri dalam Kegiatan Mujahadah. : Jurnal Pendidikan …, 4(1). http://journal.rumah
indonesia.org/index.php/njpi/article/view/222
Charles Rangkuti, Rustam Ependi, N. A. (2023). Mengembangkan Metode Menghafal Al-Quran: Pendekatan Kecerdasan Majemuk. PT Green Pustaka Indonesia.
Imelda, R., & Harahap, M. Y. (2023). View of Muhasabah An-Nafs untuk Mengenali Potensi Diri Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 400–414. https://doi.org/https://
doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.748
Ismaraidha, Asmidar Parapat, Nanda Rahayu Agustia, O. S. (2020). Internalisasi Nilai Keagamaan Dalam Keluarga Masyarakat Pesisir Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i4.
2023.1589-1594
Jamiatul, J., Maghfiroh, M., & Astuti, R. (2020). Pola Asuh Orang Tua danPerkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan). Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2973
Lubis, S., Ependi, R., Tumiran, Harahap, M. Y., & Hakim, A. (2023). The Relevance of Jamal Al-Banna’s Islamic Legal Thoughts with Religious Moderation in Indonesia. Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, 8(1), 237–252. https://doi.org/10.29240/jhi.v8i1.6649
Manshuruddin, Rozana, S., & Abrianto, D. (2019). Character Education in Modern Islamic Boarding Schools: a Model From Indonesia. European Journal of Social Sciences Studies , 4(4), 174–184. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382110
Moeleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Qisom, S. (2023). Pendekatan Tasawuf dalam Meningkatkan Spiritualitas Pengahafal Al-Qur’an. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 125–135. https://doi.org/10.55623/au.v4i2.254
Rozana, S. (2024). Teachers’ Strategies In Overcoming Learning Difficulties Of Al-Qur’an Indyslexic Students. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(7), 1851–1862.
Shihab, M. Q. (2002a). TAFSIR AL-MISBAH; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-quran. Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2002b). Tafsir Al-Mishbah : Pesan dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.
Sholiha, D. A., Alfa, F., & A’yun, Q. (2021). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Mujahadah di Pondok Pesantren Kedunglo II Kepajen Malang. VIicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(5), 92–101. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/11941
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suradi, A. (2017). Transformasi pondok pesantren (analisis dampak transformasi sistem pendidikan terhadap penanaman panca jiwa pondok pesantren kepada santri di provinsi Bengkulu). Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 272–297. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/1601
Widya, R. dan M. (2019). Metode Penanaman Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 58 -63.http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/715
- You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.