IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 8 MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan CTL dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 8 Medan, serta unsur-unsur yang mendukung dan menghambat penggunaan metode CTL. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif. Metode ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang situasi terkini objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan ada dua, yaitu data sekunder yang bersumber dari buku, jurnal, dan referensi lainnya, serta data primer yang bersumber dari Kepala Kurikulum, instruktur PAI, dan siswa. Melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, gagasan Miles dan Huberman digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh unsur pokok pendekatan CTL, yaitu konstruktivisme, bertanya, inkuiri, pembelajaran bermasyarakat, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik, telah digunakan dengan cukup baik. Penggunaan CTL di kelas XI Busana 4 dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, memotivasi mereka untuk berpartisipasi lebih aktif, dan menjadikan kurikulum lebih aplikatif dalam situasi sehari-hari. Dukungan guru dan sekolah dapat membantu memastikan bahwa strategi ini berhasil diterapkan. Hasilnya, CTL telah menunjukkan kemanjuran dalam meningkatkan standar pembelajaran PAI yang kontekstual dan bermakna.
References
Andeka, Wiwik, et al. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sdn 04 Sitiung.” Consilium: Education and Counseling Journal, vol. 1, no. 2, 2021, p. 193.
Efendi, Didik. “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Model Distance Learning Di Sekolah Dasar Kota Jayapura.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 5, no. 1, 2020, p. 54.
Emda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal, vol. 5, no. 2, 2018, p. 172.
Fusfita, Fika. “Model Inquiri Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ( Studi Pada Materi Manfaat Puasa Ramadan Kelas V SD Nengei 1 Patas I ).” Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), vol. 1, no. 1, 2022, pp. 2464–76.
Hikam, Fajar Farhan, and Salma Karima. “Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Prestasi Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SDIT Insantama Banjar.” Fondatia, vol. 4, no. 2, 2020, pp. 187–204.
Hulaimi, Ahmad. “STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL).” Journal Tarbawi, vol. 4, no. 1, 2019, pp. 76–92.
Nasikhah, Khafidhotun, and Badrus Badrus. “Implementasi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTsN 7 Kepung Kediri.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, vol. 10, no. 3, 2021, pp. 344–63.
Noviana Ramadani, Angely, et al. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (STUDI LITERATUR).” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, vol. 2, no. 6, 2023, pp. 749–56.
Riski Pratama, Andy, et al. “Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PAI.” Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 03, no. 2, 2023, pp. 30–38.
Saharani, Ainun, and Dewi Purnama Sari. “Penerapan Model Pembelajaran.” Pai, vol. 6, no. 2, 2024, pp. 151–59.
- You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.