MODEL PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA SMA SWASTA AR-RAHMAN KECAMATAN HELVETIA MEDAN

  • Syarifuddin Syarifuddin Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Mukhlis Malik Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Kamil Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Amanda Devina Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam tentang model pembinaan Akhlakul Karimah Pada Siswa  SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia. Pada Siswa  SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia.  Mengetahui metode-metode yang digunakan, serta mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya.  Penelitian Pada Siswa  SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia, sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan antropologis dan ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang metode penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskri[tif analitik, yaitu memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan:  bahwa pelaksanaan pembinaan akhlak di Pada Siswa  SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia sudah berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan, hal ini bisa dilihat dari tingkah laku keseharian siswa, seperti dalam hal berbicara, baik dengan guru, teman, maupun masyarakat sekitar.  Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa Pada Siswa  SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia, adanya kerja sama dengan semua guru mata pelajaran dan para wali kelas mengenai informasi tentang keadaan siswa, diadakannya buku-buku paket di perpustakaan sehingga memudahkan siswa memperoleh buku dengan meminjam. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan akhlak siswa Pada Siswa  SMA Swasta Ar-Rahman Kecamatan Helvetia adalah kurangnya dukungan dari keluarga, lingkungan, siswa berada di dalam pergaulan sesama mereka yang sebaya mempunyai tingkat ego yang sama sehingga terkadang sering timbul konflik. BK sekolah tidak mempunyai waktu klasikal yang tetap. pergaulan siswa di luar jam pelajaran dengan lingkungan luar yang terkadang membawa ke arah yang negatif.

References

A. Mustofa, Akhlak Tasawuf (Bandung: Pustaka Setia 1997).
Abidin Ibnu Rusn, Pemikiran Al Ghozali Tentang Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998).
Ahmad Amin, Etika (Ilmu Akhlak) (Jakarta: PT Bulan Bintang 1993).
Alfauzan Amin, Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup Dan Budaya Di Sekolah Menengah Pertama, Indonesian Journal Of Social Science Educationvolume 1, Nomor 1, Januari 2019.
Asmaran As., Pengantar Studi Akhlak, (Jakarta: Raja Grafindo Persada 1994).
Basri, H., Tambunan, N., & Panggabean, H. S. (2023). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Madrasah.
David Moeljadi dkk, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online Diakses Melalui https://github/com/yukuku/kbbi4 15 Juni 2020.
Baharudin, Pendidikan Humanistik, (Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2007).
Basrowi dan Suwardi, Memahami Penelitian Kualitatf, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka 1988).
Djam’an Satori dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2013).
Hanna Djumhara Bastaman, Integrasi psikologi dengan islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995).
Ibnu Miskawaih, Menuju Kesempurnaan Akhlak (Buku asar Pertama Tentang Etika) (Bandung Mizan 1994).
Jumhur dan Muh. Suryo, Bimbingan Dan Penyuluhan di sekolah, (Bandung: CV. Ilmu 1987).
Kamil, K., & Tambunan, N. (2023). Peningkatan penggunaan sumber belajar melalui power point pada madrasah Aliyah islamiyah sunggal. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7743-7748.
Lubis, I. L., & Manshuruddin, M. (2023). Implementasi Nilai Karakter Melalui Pendidikan Agama dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2413-2424.
Manshuruddin, M., Harahap, M. Y., & Sandhya, M. B. (2024, November). Integrating Life Skills into Islamic Boarding School Education: Insights from Pesantren Modern Darul Ma'rifat Deli Serdang. In Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS) (No. 3).
M. Hamdani Bakran Adz. Dzaky, Konseling Dan Terapi Islam, (Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002).
Mangun Harjana, Pembinaan; Arti dan Metodenya, (Yogyakarta: Kanisius, 1986).
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).
Sahilun A. Nasir, Tinjauan Akhlak, (Surabaya: Al Ikhlas, 1991).
Sembiring, R. A. A., & Tambunan, N. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-QurAn Hadis di Mts Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 4001-4012.
Sidi Gazalba, Sistematika Filsafat, buku IV, (Pengantar Teori Nilai), (Jakarta: Bulan Bintang, 1973).
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008).
Sutarjo Susilo, Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter, (Jakarta: Rajawali Press, 2012).
Syekhnurjati, “Pembinaan Akhlakul Karimah Remaja Usia 13-15 Tahun “ Diakses Pada 05 Januari t 2024 Dari Http://Sc. Syekhnurjati. Ac.Id/Esscamp/ Risetmhs/ Bab259410320.Pdf
Winarno Surakhmat, Pengantar Penelitian Ilmiah, (Bandung:1990).
Yunahar Ilyas, Kuliah Akhlaq, (Yogyakarta: LPPI, 2005).
Zainuddin, dkk, Seluk Beluk Pendidikan dari Al Ghazali, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).
Zuhairin, Filsafat pendidikan islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).
Published
2025-06-03
How to Cite
SYARIFUDDIN, Syarifuddin et al. MODEL PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA SMA SWASTA AR-RAHMAN KECAMATAN HELVETIA MEDAN. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 106-121, june 2025. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4907>. Date accessed: 06 june 2025. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v10i2.4907.