EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN FIQIH MAWARIS DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KECAMATAN HAMPARAN PERAK

  • Sakban Lubis Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Tumiran Tumiran Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Yunan Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Sinta Rahayu Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Fiqih Mawaris yang diterapkan di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Fiqih Mawaris sebagai bagian dari ilmu Fiqih memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi, sehingga memerlukan pendekatan pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memahami dan menerapkannya dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru mata pelajaran Fiqih dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, yaitu ceramah dan penugasan, dengan sedikit penerapan metode kontekstual atau praktikum. Meskipun sebagian siswa mampu memahami konsep dasar pembagian waris, namun secara umum efektivitas pembelajaran masih tergolong sedang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi metode, minimnya media pembelajaran yang mendukung, serta keterbatasan waktu alokasi mata pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Fiqih Mawaris.

References

Abdi Syahrial, Pendidikan Dan Ta’dib Anak Usia Dini Dalam Islam, Jurnal Ilmiah Al –Hadi, Volume 7, Nomor 2, Januari-Juni 2022.
Aminuddin Rosyad, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Uhamka Pres, 2003).
Charles Rangkuti, Rustam Ependi, and Nazrial Amin. "Evaluasi Mengembangkan Metode Menghafal Al-Qur’an Pendekatan Kecerdasan Majemuk Pada Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kec. Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang." Innovative: Journal Of Social Science Research 3.2 (2023): 4865-4874.
Djam’an Satori dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2013).
Fitri Rafianti, Buku Ajar Hukum Islam, Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2023.
Fuji Rahmadi, Aktualisasi Dakwah Dan Implikasinya Dalam Mewujudkan Masyarakat Rukun Beragama (Tinjauan Terhadap Materi Dakwah di Kabupaten Asahan), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 2023.
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pedidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012).
Hernawan Syahputra Lubis, et al. "Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat Muslim Desa Lau Gumba Berkearifan Lokal." Warta Dharmawangsa 16.4 (2022).
Sugiono, MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2014).
Suratno-Anang Zamroni, Mendalami Ushul Fiqih, (Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2015).
Syafe’i, Imam, Ilmu Waris dalam Perspektif Hukum Islam. Jakarta: Kencana, 2013.
Tumiran, Tumiran. "Meningkatkan prestasi belajar melalui model pembelajaran creative problem solving (dalam kajian aqidah akhlak)." Jurnal Ilmiah Al-Hadi 6.1 (2020).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007).
Published
2025-06-05
How to Cite
LUBIS, Sakban et al. EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN FIQIH MAWARIS DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KECAMATAN HAMPARAN PERAK. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 1-12, june 2025. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4911>. Date accessed: 30 june 2025. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v11i1.4911.