PEMBIASAAN AKHLAKUL KARIMAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MA TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK
Abstract
Penanaman nilai-nilai akhlakul karimah merupakan aspek fundamental dalam pendidikan Islam yang harus diwujudkan melalui berbagai aktivitas di lingkungan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pembiasaan akhlakul karimah dalam kegiatan belajar mengajar di MA Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan akhlakul karimah dilakukan melalui integrasi nilai-nilai akhlak dalam materi pelajaran, keteladanan guru, pembiasaan ucapan dan perilaku sopan, serta penguatan melalui kegiatan keagamaan seperti tadarus, salat berjamaah, dan nasihat harian. Faktor pendukung dalam proses ini adalah lingkungan madrasah yang religius serta keterlibatan aktif guru dan orang tua. Namun, ditemukan juga tantangan seperti perbedaan latar belakang siswa dan kurangnya pengawasan di luar jam sekolah. Secara keseluruhan, pembiasaan akhlakul karimah di MA Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak telah berjalan cukup efektif dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia.
References
A. Mustofa, Akhlak Tasawuf (Bandung: Pustaka Setia 1997).
Abdi Syahrial, Pendidikan Dan Ta’dib Anak Usia Dini Dalam Islam, Jurnal Ilmiah Al –Hadi, Volume 7, Nomor 2, Januari-Juni 2022.
Abidin Ibnu Rusn, Pemikiran Al Ghozali Tentang Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998).
Ahmad Amin, Etika (Ilmu Akhlak) (Jakarta: PT Bulan Bintang 1993).
Alfauzan Amin, Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup Dan Budaya Di Sekolah Menengah Pertama, Indonesian Journal Of Social Science Educationvolume 1, Nomor 1, Januari 2019.
Asmaran As., Pengantar Studi Akhlak, (Jakarta: Raja Grafindo Persada 1994).
Baharudin, Pendidikan Humanistik, (Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2007).
Basrowi dan Suwardi, Memahami Penelitian Kualitatf, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).
David Moeljadi dkk, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online Diakses Melalui https://github/com/yukuku/kbbi4 15 Juni 2020.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka 1988).
Djam’an Satori dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2013).
Hanna Djumhara Bastaman, Integrasi psikologi dengan islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995).
Ibnu Miskawaih, Menuju Kesempurnaan Akhlak (Buku asar Pertama Tentang Etika) (Bandung Mizan 1994).
Jumhur dan Muh. Suryo, Bimbingan Dan Penyuluhan di sekolah, (Bandung: CV. Ilmu 1987).
Latifah, S., Syarifuddin, S., Sahfutra, S. A., & Anggaraini, R. M. (2024). Application of Islamic Business Ethics by Muslim Traders in Klambir Lima Kebun Village, Hamparan Perak District, Deli Serdang Regency. PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS DHARMAWANGSA, 4(1), 216-227.
M. Hamdani Bakran Adz. Dzaky, Konseling Dan Terapi Islam, (Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002).
Mangun Harjana, Pembinaan; Arti dan Metodenya, (Yogyakarta: Kanisius, 1986).
Manshuruddin, Tumiran, and M. Yunan. "Hamdan.(2021). Character Education Strategy Through Systemic-Integrative Model in Modern Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan." International Journal of Social Science Research and Review 4.4: 140-154
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).
Muhammad Yunan Harahap, and Rustam Ependi. Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah. PT. Green Pustaka Indonesia, 2023.
Muklis Malik, Penerapan Zikir Tariqah Naqshbandiyah Sebagai Sarana Meningkatkan Akhlak Jamaah Di Baitul Jafar Klambir Lima, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Volume 3 Nomor 4 Tahun 2023, hlm. 5140-5148.
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).
Sahilun A. Nasir, Tinjauan Akhlak, (Surabaya: Al Ikhlas, 1991).
Sidi Gazalba, Sistematika Filsafat, buku IV, (Pengantar Teori Nilai), (Jakarta: Bulan Bintang, 1973).
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008).
Sutarjo Susilo, Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter, (Jakarta: Rajawali Press, 2012).
Syekhnurjati, “Pembinaan Akhlakul Karimah Remaja Usia 13-15 Tahun “ Diakses Pada 05 Januari t 2024 Dari Http:// Sc.Syekhnurjati. Ac.Id/ Esscamp/ Risetmhs/ Bab259410320.Pdf
Winarno Surakhmat, Pengantar Penelitian Ilmiah, (Bandung:1990).
Yunahar Ilyas, Kuliah Akhlaq, (Yogyakarta: LPPI, 2005).
Zainuddin, dkk, Seluk Beluk Pendidikan dari Al Ghazali, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).
Zuhairin, Filsafat pendidikan islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).
Zulfi Imran, et al. "Terapi Dalam Tasawuf Bermanfaat Untuk Mengatasi Problema Spiritual Para Melenial." Innovative: Journal Of Social Science Research 4.3 (2024): 2228-2239.
Daftar Wawancara:
Hasil wawancara dengan bapak Rozali, MA sebagai kepala sekolah Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah.
Hasil wawancara dengan bapak Usman Hadi sebagai guru sebagai wali kelas dan guru Bahasa Indonesia Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah
Hasil wawancara dengan Gunawan sebagai siswa kelas III D Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah.
Hasil wawancara dengan wakil kepala sekolah Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah
Hasil wawancara dengan bapak Rojali sebagai ketua Kepala Madarasah Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Deliserdang.
Hasil wawancara dengan ibu Eka Sulastri sebagai guru di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah.
Hasil wawancara dengan ibu Fatimah salah satu guru Madarasah Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Deliserdang.
Hasil wawancara dengan ibu Fatimah sebagai guru di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah.
Hasil wawancara dengan ibu Zubaidah sebagai bidang kesiswaan Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islamiyah
Hasil wawancara dengan Nur Hasanah sebagai salah satu sekolah Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah.
- You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.