INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SISWA DI SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi strategi pembelajaran tahfiz Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Kebutuhan akan pendekatan tahfiz yang adaptif, terstruktur, dan kontekstual menjadi latar belakang penelitian ini, terutama dalam menghadapi tantangan motivasi siswa, keterbatasan waktu, dan kesenjangan kemampuan bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi terhadap guru tahfiz, siswa, dan manajemen sekolah. Temuan penelitian mengidentifikasi tiga bentuk inovasi utama: (1) strategi One Day One Verse sebagai upaya membentuk rutinitas hafalan harian; (2) program akselerasi dan talaqqi yang mengakomodasi perbedaan kecepatan dan kualitas hafalan siswa; dan (3) integrasi teknologi melalui aplikasi Tarteel yang memungkinkan siswa menghafal dan menguji hafalannya secara mandiri dengan dukungan fitur pendeteksi suara berbasis kecerdasan buatan. Implementasi strategi dilakukan secara fleksibel melalui kurikulum lokal dan penyetoran hafalan di dalam maupun luar kelas, termasuk secara daring. Faktor pendukung meliputi komitmen guru, keterlibatan orang tua, dan lingkungan belajar Islami, sementara hambatan utama meliputi fluktuasi motivasi, keterbatasan waktu, dan ketimpangan kemampuan bacaan. Kesimpulannya, inovasi strategi tahfiz yang diterapkan terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa, namun tetap memerlukan penguatan berkelanjutan dalam pelatihan guru, sistem evaluasi, dan sinergi keluarga-sekolah untuk menjamin keberlanjutan program
References
Nourlaila, I., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2023). “Evaluasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Menggunakan Model Cipp (Context, Input, Process, Product) Di SMA IT At-Taufiq Kota Bogor. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3.1, (2023): 53–66. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4143
Rahman, A., & NL. Inayati, “Upaya guru tahfizh dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an siswa MIT Isykarima Karanganyar”, At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5.1 (2023): 706-717
Hasriadi, H. “Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi”. Jurnal Sinestesia, 12.1, (2022): 136–151. Retrieved from https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Maruyati, A., Astuti, M., & Hidayat, H. “Pelaksanaan Metode One Day One Ayat (Satu Hari Satu Ayat) dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Betung”. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5.3 (2024): 2988–3003. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1205
S. Mai, Y. Zeng and H. Hu, "Multimodal Information Bottleneck: Learning Minimal Sufficient Unimodal and Multimodal Representations," in IEEE Transactions on Multimedia, vol. 25, (2023): 4121-4134. https://doi.org/10.1109/TMM.2022.3171679
Kober SE, Wood G, Kiili K, Moeller K, Ninaus M “Game-based learning environments affect frontal brain activity”. PLoS ONE 15.11 (2020): 1-22. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0242573
Maulidin, S., & Jamil, Abdun, M. Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Aspek Kognitif (Studi Kasus SMA Bustanul Ulum Jayasakti Anak tuha Lampung Tengah). Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1.2, (2024): 128–140. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.79
Abdullah et al. "Uncovering the Key Elements and Supporting Factors of Tahfiz Houses in Shaping the Spiritual Education of the Younger Generation in Indonesia." FWU Journal of Social Sciences, 17.2, (2023): 34-50. https://doi.org/10.51709/19951272/summer2023/3.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017).
Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. (London: SAGE Publications, 1994).
Hasna' Huwaida et al. "Learning Model Of Tahfidz-Based Islamic Religious Education In TAUD SAQU Jember." Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 7.2 (2024): 300-312. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v7i2.4353.
Di Wu & Xin Dong. "Autonomy support, peer relations, and teacher-student interactions: implications for psychological well-being in language learning." Frontiers in Psychology, 15 (2024): 1-16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1358776.
Yusrizal et al. "Evaluating Integrated Social Studies Learning Programs in Indonesian Middle Schools: An Application of the Stufflebeam Model." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16.2. (2024): 2057-2071. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5253.
Julianto, Alfin, dan Anisa Fitriah. "Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan." Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 1.2 (2021): 175-184. https://doi.org/10.69775/jpia.v2i1
Tanriveren, Ayse, Nurul Azizah, and Muhammad Ahyama Afham. "The Concept of Differentiated Learning and Its Implementation in Islamic Education." Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam, 10.1 (2024): 23-34. https://doi.org/10.59689/al-lubab.v10i1.5756
- You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.