Kurikulum Muatan Lokal Tahfiz Al-Qur’an sebagai Pilar Distingsi dan Keunggulan di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan

  • Manshuruddin Manshuruddin Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Artikel ini mengkaji peran strategis kurikulum muatan lokal Tahfiz Al-Qur’an sebagai pilar distingsi dan penguat keunggulan institusional di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum tahfiz dirancang secara sistematis melalui dokumen kebijakan formal yang mencakup visi-misi, profil lulusan, standar capaian pembelajaran, alokasi waktu, serta sistem evaluasi. Implementasi kurikulum dilakukan secara bertahap dan terintegrasi, mencakup pembelajaran formal mingguan, tahsin dan murāja’ah harian, serta evaluasi berkala berbasis diferensiasi kemampuan siswa. Sejumlah terobosan strategis diadopsi, seperti strategi One Day One Verse, penggunaan aplikasi Tarteel berbasis AI, serta pendekatan kolaboratif yang melibatkan guru, wali kelas, dan manajemen sekolah. Program ini terbukti efektif dalam membentuk karakter religius siswa serta meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan kesadaran spiritual. Di sisi lain, program tahfiz ini juga menjadi faktor pembeda yang signifikan dalam membangun citra sekolah dan meningkatkan daya saing kelembagaan. Data menunjukkan adanya peningkatan animo masyarakat dalam dua tahun terakhir, yang mengindikasikan pengakuan terhadap integrasi tahfiz sebagai keunggulan kompetitif sekolah. Temuan ini menegaskan bahwa kurikulum muatan lokal tahfiz dapat berfungsi sebagai instrumen distingsi dan katalis transformasi kelembagaan di lingkungan pendidikan Islam terpadu

References

Abrianto, D. (2023). The Role of Children’s Character in the Perspective of Educational Philosophy. Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 2(1), 783–795. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ISCIS/article/view/18470
Ambo, N. F., & Mokhsein, S. E. (2019). Trend and Issue in Learning Strategy of Tahfiz Model Ulul Albab (TMUA). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(7), 1418–1426. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v9-i7/6789
Astuti, A. M., Khusniyah, N. L., Islam, U., Mataram, N., Education, M., Islam, U., Mataram, N., Islam, U., & Mataram, N. (2024). A Decade Analysis of Curriculum Implementation in Modern Islamic Boarding Schools. 7(3), 420–437.
Aziz, A. (2024). Penggunaan Aplikasi Tarteel dalam Meningkatkan Minat Belajar Tahfidz Siswa Kelas X SMAIT Daarul Hikmah Boarding School Bontang Tahun Pelajaran 2023 / 2024 Pendahuluan Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia berkembang semakin pesat dengan adanya. Nabawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 53–66. https://doi.org/https://ejournal.stitsyambtg.ac.id/index.php/nabawi/article/view/107
Azmil, I. A., & Kaltsum, H. U. (2023). Principal’s Strategy in Managing Tahfiz Learning. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 919–937. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.3356
Basri, B., Wahidah, W., & Mahyiddin, M. (2024). Inovasi Lembaga Pendidikan Islam Aceh Dalam Mempersiapkan Generasi Qur’Ani Di Era Digital. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 16(1), 32–50. https://doi.org/10.47498/tadib.v16i1.3055
Charles Rangkuti, Ependi, R., & Amin, N. (2023). Evaluasi Mengembangkan Metode Menghafal Al-Qur’an Pendekatan Kecerdasan Majemuk Pada Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kec. Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4865–4874. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/888
F. Alvindo, N. A. S. and H. A. N. (2024). Al-Quran Recitation or Sound Processing Analysis : A Systematic Literature Review on Methods. International Conference on Electrical Engineering and Computer Science (ICECOS), 54–58. https://doi.org/doi: 10.1109/ICECOS63900.2024.10791189
Harahap, M. Y., & Mukti, A. (2023). Implementasi Falsafah Poda Na Lima Pada Santri Pondok Pesantren Modern di Kota Padangsidimpuan. Edukasi Islami …, 891–916. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/6594%0Ahttps://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/6594/2536
Hefniy, & Jannah, R. (2019). Desain Kurikulum Program Berbasis Kearifan Lokal Tahfidzul Qur’an. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 82–91.
Hidayat, I., Rahmawati, P., & Fitri Ghufron, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Sekolah Berkeunggulan Tahfidz. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(4), 357–367. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.16909
Ismaraidha, Harahap, M. Y., & Hannum, L. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 349–362.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: an Expanded Sourcebook. SAGE Publications.
Miskiyyah, S. Z., Puspita, P. I., Dewi, Tungga, T. B., Rodliyatul, Mu’izzah, Febriyanti, A. A., & Suttrisno. (2025). Integrasi Pembelajaran Berbasis Budaya Dan Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah: Analisis Literatur Tentang Model Dan Implementasinya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 618–632.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muawan, K., Amin, S. J., Dalle, A., & Ramli, K. (2025). Social Learning Analysis in the Tahfiz Class at SMAN 1 Sidrap. 07(02), 10639–10647.
Nasaruddin, Mahaly, S., Munjiah, M., Akbar, W. K., & Abdurrahman. (2023). Studi Kasus dan Multi Situs Dalam Pendekatan Kualitatif. CV. Gita Lentera.
Naufal, A. G., Dahliana, Y., Prasetyo, A., Surakarta, U. M., Surakarta, U. M., Islam, U., & Kalijaga, N. S. (2024). The Role of the Tarteel Application in Maintaining the Memorization of Al- Qur’an Memorizers. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 9(4), 666–680. https://doi.org/https://doi.org/10.58788/alwijdn.v9i4.5640
Qutni, D. (2018). Efektivitas Integrasi Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi di SMP Daarul Qur’an Internasional Tangerang Internasional Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an). Tahdzibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 103–116. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.103-116
Rahma, P. A. A., & Kabibuloh, N. (2025). Efektivitas Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membentuk Sikap Religius Siswa di MI Al-Ifadah. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(April), 9–14. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.613
Raikhan. (2022). Takhassus TahfidzProgramin Formal Institutions: Implementation, Obstacles, and Solutions. Tadibia Islamika, 2(1), 44–56. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/tadibia.v2i1.5606
Ritonga, A. S., & Nasution, A. F. (2023). Implementasi Program Tahfiz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. 4(2).
Rosmiyati, Makbuloh, D., Hasanah, U., & Jalaluddin. (2025). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Tarteel Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 7(1), 97–114. https://doi.org/https://doi.org/10.54437/ilmuna.v3i2.306
Sayuti, L., Zulfani Sesmiarni, & Silfia Hanani. (2024). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Wathan Mengkuru Sakra Barat Lombok Timur. Bersama : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.61994/bersama.v2i1.628
Siregar, S. L., Nurmawati, N., & Budianti, Y. (2022). Tahfiz Al-Qur’an Education System in Robitotul Istiqomah Huristak Islamic Boarding School, Padang Lawas Regency. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 1354–1365. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i3.2609
Ulkarimah, S. (2024). Tarteel : Sebuah Aplikasi Alternatif bagi Peningkatan Penghafal Al- Qur ’ an. 8, 17805–17811.
Utami, R. D., Siregar, B., & Pratiwi, N. (2022). Implementasi Pembentukan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Pembiasaan di PAUD Harapan Mandiri Kecamatan Medan Deli Kota Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 8952–8959.
Widiyanto, W., & Tamami, M. Z. (2023). Structure of Islamic Boarding School Curriculum (A Case Study at Islamic Center Bin Baz Boarding School in Yogyakarta. Deleted Journal, 2(3), 129–139. https://doi.org/https://doi.org/10.59944/jipsi.v2i3.212
Published
2025-07-29
How to Cite
MANSHURUDDIN, Manshuruddin. Kurikulum Muatan Lokal Tahfiz Al-Qur’an sebagai Pilar Distingsi dan Keunggulan di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 80-92, july 2025. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4930>. Date accessed: 07 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v11i1.4930.