UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 064034 MEDAN

  • Diah Artha Sari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Yugi Diraga Prawiyata Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nurmairina Nurmairina Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ester Agnes Jovanka Simamora Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan peserta didik kelas V SD Negeri 064034 Medan dalam pembelajaran IPAS, khususnya materi sistem pernapasan. Kurangnya keterlibatan siswa berdampak pada pemahaman materi yang kurang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan yang melibatkan 25 siswa kelas V. Instrumen pengumpulan data berupa observasi keaktifan siswa yang diukur melalui lima indikator utama, yakni mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi, dan kerja sama tim. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada setiap siklus, dimana rata-rata skor keaktifan siswa meningkat dari 10,7 (42,8%) pada pra tindakan menjadi 15,4 (61,6%) pada siklus I, dan mencapai 20,7 (82,8%) pada siklus II. Peningkatan ini menandakan bahwa penerapan model PBL efektif dalam mendorong partisipasi aktif dan kolaborasi siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning direkomendasikan untuk digunakan sebagai strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

References

DAFTAR PUSTAKA
Annisa, N., Dewi, I. S., Fridani, N., & Sari, W. P. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 3(2), 315–323.
Felianti, E. S., & Sanoto, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA SD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7404–7413.
Fitriyani, T., Nugraha, U., & Sofwan, S. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2450–2456.
Harahap, Y. S., Siregar, N., & Amin, T. S. (2024). Integrasi Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis T-PACK. Journal on Education, 6(4), 21541–21547. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6141
Harwati, C. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 51–55.
Hastiwi, F., Khasanah, U., & Wahyuningsih, S. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2).
Khairani, S., & Nurmairina. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV UPT SD Negeri 066667 Medan Denai. Indonesian Research Journal On Education, 2(2), 555–564. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.295
Marpaung, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 16–22.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.
Nalowati, E. (2022). Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia melalui metoda pembelajaran problem based learning pada peserta didik. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 58–64.
Nasution, P. K., Putri, E., Batubara, M., & Nurmairina. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 064037 Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 8720–8729.
Nurani, R., & Legowo, A. (2023). Peningkatan Keaktifan Kerja Kelompok Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Outdoor Study Siswa Kelas IV SDN Sarikarya Yogyakarta. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 15(1), 59–70.
Nurhalimah, N., & Meilinda, M. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Berdiferensiasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 563–568.
Pramesti, A. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 489–499.
Rahmandani, F., Hamzah, M. R., Handayani, T., & Fatimah, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 2 Batu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1016–1027.
Samara, N. S., Mutmainna, M., Ardilla, A., Suleha, S., & Nursakiah, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dan Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri Pao-Pao. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 758–771.
Santosa, A. W., Amelia, M. A., & Sarwi, M. (2022). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) kelas V SD Negeri Sudimoro 2 tahun ajaran 2021/2022. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234–239.
Siregar, N., Harahap, R. H., Harahap, Y. S., Nurmairina, N., & Lestari, N. (2023). Sosialisasi Penerapan Pembelajaran Berbasis Culturally Responsive Teaching (Crt) di UPT SD Negeri 067250 Medan. Community Development Journal, 4(2), 5219–5224. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/16545
Suseno, V. V., & Winanto, A. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem-Based Learning Dengan Gallery Walk Pada Peserta Didik Kelas VI B di SD Negeri Ledok 02 Salatiga. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8453–8461.
Widyowati, A. P., Nursyahidah, F., Azizah, M., & Saraswati, D. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media wordwall untuk meningkatkan keaktifan peserta didik SD pada pelajaran matematika. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4032–4044.
Yunda Assyuro Hanun, & Akhmad Asyari. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Global Education Trends, 1(2), 42–56. https://doi.org/10.61798/get.v1i2.43
Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1700–1708.
Published
2025-08-23
How to Cite
SARI, Diah Artha et al. UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 064034 MEDAN. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 93-106, aug. 2025. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4939>. Date accessed: 01 sep. 2025. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v11i1.4939.