UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 101766 BANDAR SETIA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

  • Ismiati Ahya Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Samio Samio Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Arrini Sabrina Anshor Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Feli Finna Sitinjak Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia pada materi sistem pernapasan manusia melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pra-tindakan, dengan hanya 12% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain siklus, yang terdiri dari pra-tindakan, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa setelah penerapan PBL. Pada pra-tindakan, hanya 12% siswa yang tuntas, namun setelah siklus 1, persentase siswa tuntas meningkat menjadi 32%, dan pada siklus 2, seluruh siswa (100%) berhasil mencapai KKM dengan 36% di antaranya memperoleh nilai Sangat Baik. Penerapan PBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan hasil belajar secara keseluruhan. Penelitian ini menyarankan penerapan model PBL untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

References

Ariyani, B., & Kristin F. (2021). Model Pembelajaran Problem based learning Untuk Meningkatkan hasil belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.
Butar, F. E. B., Sidabutar, R., & Sauduran, G.N (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 2 (02), 420-426.
Cahyanti, W., Damayanti, A.T., Wigati, T., & Suyoto, S. (2024).Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 223–229.
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogial: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59-64.
Fauzi, R., Anughana, A., & Ariyanti, P.B.Y (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar ipa tentang pemahaman sifat-sifat cahaya pada kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2569–2574.
Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A (2022). Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155-164.
Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning disekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467.
Mardani, N. K., Atmadja, N.B, & Suastika, I. N. (2021).Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–56.
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H.D (2021). Model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4 (1), 31-41.
Muhsam, J., & Muh, A. S. (2022).Penerapan model based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 11–17.
Novianti, W. (2023). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA di SD. Jurnal Pendidikan, 7(2), 19–27.
Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y.F.D.R (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan kelas, 4(1), 135-148.
Santosa, A. W., Amelia, M. A., & Sarwi, M. (2022). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) kelas V SD Negeri Sudimoro 2 tahun ajaran 2021/2022. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234–239.
Sari, M., & Rosidah, A (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(1), 8–17.
Septiani, D., Azis, A., & Syahrir, M. (2024). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada Mata Pelajaran PPKn Berbantuan Media Papan Kantong untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IIIc di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewargangeraan, 14(1), 97–105.
Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil belajar Siswa melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127-133.
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 127–136.
Thurrodliyah, N.I., Usman, A., & Suciati, S (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1-14.
Published
2025-09-15
How to Cite
AHYA, Ismiati et al. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 101766 BANDAR SETIA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 107-120, sep. 2025. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4944>. Date accessed: 18 sep. 2025. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v11i1.4944.