BUDAYA KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VIII MTs HASANUDDIN MEDAN
Abstract
Fenomena dekadensi moral di kalangan remaja, seperti kurangnya disiplin, rendahnya rasa hormat terhadap guru dan teman sebaya, serta meningkatnya pengaruh negatif lingkungan, menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Keberhasilan pembelajaran ini tidak hanya ditentukan oleh materi yang diajarkan, melainkan sangat dipengaruhi oleh budaya komunikasi yang dibangun guru dalam interaksi dengan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya komunikasi guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di MTs Hasanuddin Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan Kepala Madrasah, guru Aqidah Akhlak, dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperkuat dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya komunikasi guru Aqidah Akhlak terbentuk melalui pola komunikasi verbal dan nonverbal yang santun, dialogis, dan edukatif. Komunikasi ini berperan bukan hanya sebagai sarana penyampaian ilmu, tetapi juga sebagai teladan yang membentuk kedisiplinan, tanggung jawab, dan akhlak mulia siswa. Faktor pendukung mencakup kompetensi komunikasi guru, dukungan sekolah, keterlibatan orang tua, serta lingkungan belajar yang kondusif. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, perbedaan karakter siswa, dan pengaruh lingkungan pergaulan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya komunikasi guru Aqidah Akhlak efektif dalam mendukung pembentukan karakter siswa, meskipun masih diperlukan strategi komunikasi yang lebih inovatif, humanis, dan kolaboratif. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan model pembelajaran Aqidah Akhlak yang berorientasi pada pembinaan karakter serta inspirasi bagi guru dalam membangun budaya komunikasi yang mendidik dan menumbuhkan akhlak mulia.
References
Amsari Amsari, & Nurhalima Tambunan. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Amal Luhur Medan. Jurnal Pendidikan Tumbasui, 7(2).
Bahtiar Siregar, Manshuruddin, & Nanda Rahayu. (2024). Implementasi kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu (JSIT) dalam penguatan karakter religius di SMP IT Al-Khansa Khalifah Deli Serdang. Proceeding Annual Conference On Islamic Religious Education, 4(1).
Basri, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pelajaran Akidah
Akhlak Di Mts Negeri 1 YOGYAKARTA. Murabbī: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 34–48. https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i1.1486.
Hasan Basri, & Ahmad Syahri Mubarak. (2023). Transformasi Pemikiran Harun Nasution: Menyongsong Pendidikan Islam Abad Ke-21. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 4(2).
Hasan Basri, & Hilman Rizki Hasibuan. (2024). Mengintegrasikan Nilai-nilai Akhlak dalam Novel Api Tauhid Terhadap Kurikulum Pendidikan Islam. JIPI: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 24(03).
Ismaraidha, I., Harahap, M. Y., & Hannum, L. (2024). Pendidikan Karakter Religius
Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 249–362. https://doi.org/10.54298/jk.v7i2.264
Kosmas Sobon, & Tri Astari. (2024). Konsep Pendidikan Berbasis Masalah Paulo Freire dan Relevansinya dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Filsafat Indonesia, 7(2).
M. Ma‘ruf. (2019). Konsep Pendidik Dan Peserta Didik Perspektif Syed Naquib AlAttas. Ta’limuna, 8(1).
M. Masrur Huda, Miftachul Zamroni, & Sri Wiyani. (2024). Keteladanan Guru Agama Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Di MIN 2 KOTA SURABAYA. MIDA:
Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1).
Moh. Kholik, Mujahidin, & Achmad Abdul Munif. (2024). Menanamkan Nilai-nilai Akhlak dalam Pergaulan Siswa Di Lingkungan Madrasah. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).
Muhammad Yunan Harahap, Rustam Ependi, & Nazrial Amin. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2).
Nurhikmah. (2024). Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif dalam Pendidikan Islam: Tinjauan Literatur. Abdurrauf Journal of Education and Islamic Studies, 1(1).
Puspita Sari, D. M., Utami, W. T., Nurfalag, A. J., & Harguntoro, K. (2023). Hidden Curriculum dalam Dimensi Pembangunan Karakter untuk Mengatasi Degradasi Moral Sekolah Dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(2), 313. https://doi.org/10.30998/sap.v8i2.17019
Risa Welianti, & Sartono. (2025). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur. Aljabar: Jurnal Ilmuan Pendidikan, Matematika Dan Kebumian, 1(5).
Sabrina Mufida. (2024). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA), 2(6).
- You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.