OPTIMALISASI SARANA DAN PRASARANA DI MTS PAB 5 KLAMBIR LIMA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA ERA DIGITAL

  • Anisa Firda Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Yunan Harahap Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Perkembangan teknologi digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi optimalisasi sarana dan prasarana di MTS PAB 5 Klambir Lima pada era digital. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah telah melakukan transformasi pembelajaran melalui integrasi perangkat digital yang sudah ada. Pengelolaan fasilitas dilakukan berbasis nilai Islam seperti amanah, kebersihan, dan efisiensi, serta diperkuat dengan strategi kolaboratif. Optimalisasi ini terbukti berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa, efisiensi evaluasi, serta penguatan karakter religius. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mutu pendidikan dapat ditingkatkan melalui manajemen adaptif yang memadukan inovasi digital dengan nilai-nilai Islam.

References

Al-Qur’an dan Terjemahannya.
Abrianto, D., Tumiran, & Pangabean, H, S. (2023). Optimalisasi Penggunaan Google
Classroom dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Media Pembelajaran
Pada Guru MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak, Maslahah: Jurnal
Pengabdian Masyarakat, 4(2) 71-79.
Adawiyah, R. (2024). Strategi Pelatihan dan Pengembangan Guru di Era Kecerdasan Buatan (AI) untuk Optimalisasi Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Alhakam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 5(2), 277-290.
Andi, R, M. (2023). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jawa Tengah: Penerbit NEM.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Jawa Barat: CV
Jejak.
Arum, W, S, A. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Busyroni, M. (2022). Optimalisasi Madrasah Digital Melalui Implementasi Transformasi Digital di MTS Negeri 5 Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 101-107.
Dewi, I, T., & Noor, T, R . (2024). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Syarifah Sidoarjo. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 23-36.
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Muslim. (2020). Sahih Muslim (Terj.Kementerian Agama RI). Jakarta: Pustaka
Amani.
Nugraha, G, A., Baidi, & Bakri, S. (2021). Transformasi Manajemen Fasilitas Pendidikan Pada Era Disrupsi Teknologi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 860-868.
Rahmadi, F., et al. (2021). Pengembangan Manajemen Sekolah Terintegrasi Berbasis
Sistem Informasi di Sumatera Utara. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2)
, 96-109.
Sarohmad, & Umami, S. (2024). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Metro: PT.Nafal Global Nusantara.
Tumiran, Siregar, B., Agustia, N, R., & Azhari, F. (2024). Implementasi Manajemen
Pendidikan Berbasis Digitalisasi (Studi Kasus di MAS Tarbiyah Islamiyah
Kec.Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang). JIMP: Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4),542-551.
Tumiran, Siregar, B., Agustia, N, R., & Azhari, F. (2024). Optimalisasi Kompetensi
Guru Melalui Workshop Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital di MAS Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Journal of Human And Education, 4(6), 253-260.
Yulianto, E., et al. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana . Jawa Timur: Pena Cendekia Pustaka.
Yunan Harahap, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang, JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560-569.
Published
2025-10-21
How to Cite
FIRDA, Anisa; HARAHAP, Muhammad Yunan. OPTIMALISASI SARANA DAN PRASARANA DI MTS PAB 5 KLAMBIR LIMA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA ERA DIGITAL. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 133-143, oct. 2025. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4966>. Date accessed: 23 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v11i1.4966.