DESAIN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Desain Kurikulum Pendidikan Islam Integratif dalam Mewujudkan Karakter Religius Peserta Didik di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pembentukan karakter religius sebagai tujuan utama pendidikan Islam, khususnya pada lembaga pendidikan yang mengedepankan perpaduan antara nilai-nilai keagamaan dan kegiatan pembelajaran formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kurikulum di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan disusun secara integratif, yakni menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor melalui kegiatan pembelajaran di kelas, program pembiasaan ibadah seperti shalat berjamaah dan tahfiz Al-Qur’an, serta pembudayaan nilai dan keteladanan lingkungan sekolah. Kurikulum tersebut tidak hanya menekankan penguasaan materi pendidikan agama, tetapi juga memberikan pengalaman religius yang berkelanjutan sehingga membentuk sikap disiplin, tanggung jawab, akhlak santun, dan kesalehan personal serta sosial peserta didik. Dengan demikian, penerapan kurikulum pendidikan Islam yang integratif terbukti efektif dalam membangun karakter religius peserta didik secara holistik dan berkesinambungan.
References
Abidin, A. (2023). “Reorientasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Integratif.” Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 5(1)
Al-Attas, S. M. N. (1980). The Concept of Education in Islam. Kuala Lumpur: ISTAC.
Dokumentasi Profil SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan, 2025.
Fadhilah, N. (2023). “Kurikulum Terpadu Berbasis Nilai dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(3)
Fadli, R. (2022). “Integrasi Kurikulum Nasional dan Diniyah dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Pendidikan Islam Modern, 10(2)
Fathoni, A. (2021). “Analisis Kurikulum PAI di Sekolah Menengah: Sebuah Kajian Evaluatif.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(2)
H. Rahmawati, “Keteladanan Guru dalam Pendidikan Karakter Islam,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 13, no. 3, 2023
Hasbullah, H. (2023). “Digitalisasi Pendidikan Islam di Era 5.0.” Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam, 9(1)
Hidayat, T. (2020). Integrasi Kurikulum Islam dalam Pendidikan Modern. Bandung: Alfabeta.
John W. Creswell, Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (Los Angeles: Sage, 2018)
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Panduan Penguatan Pendidikan Karakter Religius. Jakarta: Dirjen Pendis.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2021)
M. Arif & L. Nuraini, “Efektivitas Kurikulum Terpadu dalam Pembentukan Karakter Religius,” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, vol. 5, no. 2, 2021
Michael Q. Patton, Qualitative Research and Evaluation Methods (Thousand Oaks: Sage, 2015)
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J., Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 4th ed. (Los Angeles: Sage, 2019)
Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif
Muhaimin. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nasir, M. (2021). “Krisis Spiritualitas dalam Pendidikan Islam Modern.” Jurnal Tarbawi, 18(2)
Nurbaiti, F. (2022). “Tantangan Integrasi Nilai Islam di Sekolah Perkotaan.” Jurnal Pendidikan Islam, 8(2)
Observasi lapangan awal penulis di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan, 2024.
R. Sari, “Pembiasaan Ibadah dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik,” Jurnal Al-Munir, vol. 7, no. 1, 2020
Rahman, A., & Lestari, N. (2021). “Model Integratif dalam Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah.” Jurnal Al-Ma’arif, 12(1)
Robert K. Yin, Case Study Research: Design and Methods, 6th ed. (Los Angeles: Sage Publications, 2018)
Rohman, M. (2023). “Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Integratif.” Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan Islam, 5(1)
S. Hamdani & M. Yusuf, “Model Pendidikan Karakter Berbasis Pengalaman dalam Pembelajaran PAI,” Tarbiyah: Journal of Islamic Education, vol. 9, no. 2, 2021
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2022)
Sulaiman, R. (2022). “Internalisasi Nilai Religius dalam Pembelajaran Terpadu.” Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 4(2)
Syamsul Arifin, Pendidikan Islam dan Pembangunan Karakter Bangsa (Yogyakarta: UII Press, 2020)
Taba, H. (1962). Curriculum Development: Theory and Practice. New York: Harcourt, Brace & World.
Tyler, R. W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: University of Chicago Press.
Zuhdi, M. (2022). “Kurikulum Berbasis Nilai dan Karakter dalam Pendidikan Islam.” Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1)
- You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.






