Pemanfaatan Kriptografi Klasik dalam Steganografi Untuk Pengamanan Pesan Cikal Bakal Perkembangan IoT: a Literature Review

  • alkho warizmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

Steganografi adalah metode memasukkan pesan ke media lain dengan isi tujuan kerahasiaan pesan dan menghindari pihak kecurigaan yang tidak berkepentingan. Metode ini sangat mudah untuk menerapkan, tapi metodesudah sangat umum dan mudah dipecahkan. Sehingga keamanan dari metode ini adalah tidak baik lagi. Dalam penelitian ini, penulis menggabungkan steganografi dengan metode kriptografi Caesar Cipher, di mana pesan akan dimasukkan pertama dienkripsi menggunakan Cipher Caesar. Hasil enkripsi ini kemudian dimasukkan ke dalam media gambar digital. Dengan penggabungan dua metode ini, maka pesan akan sulit untuk memecahkan, karena memiliki dua tingkat keamanan. Dari hasil dapat ditarik beberapa kesimpulan, antara lain, menggunakan kombinasi metode caesar kriptografi cipher dan metode steganografi, terlihat sama dengan gambar asli sebagai steganography hanya mengubah piksel merah. Pengujian kualitas gambar menunjukkan bahwa MSE dari citra yang sangat kecil, yang berarti bahwa citra tingkat kesalahan sangat kecil. Sedangkan nilai PSNR cukup besar, yang berarti bahwa hasil kualitas gambar yang lebih baik. Dalam proses enkripsi pesan, nilai kunci yang berbeda akan menghasilkan ciphertext yang berbeda.


 

References

[1] Abednego, Luciana. dan Nico Saputro. 2004. Implementasi Teknik
Feature Morphing Pada Citra Dua Dimensi.
[2] Guillermito. 2004. Steganography: A few tools to discover hidden data. [3] Johnson., Neil F., and Sushi Jajodia. 1998. Exploring Steganography :
Seeing The Unseen.
[4] Kay, David C., John R. Levine.1992, Graphics File Formats, First
Edition, United States of America.
[5] Kharrazi, Mehdi., Husrev T. Sencar, and Nasir Memon. 2004.
Image Steganography: Concepts and Practice.
[6] Provos, Niels., and Peter Honeyman. 2003. Hide and Seek : Introduction to Steganography
[7] Aryza, S. (2018). a Novelty of Quality Fertilizer Dryer Based on Solar Cell and Ann.
[8] Aryza, S., Irwanto, M., Lubis, Z., Siahaan, A. P. U., Rahim, R., & Furqan, M. (2018). A Novelty Design Of Minimization Of Electrical Losses In A Vector Controlled Induction Machine Drive. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 300, No. 1, p. 012067). IOP Publishing.
Published
2021-06-16
How to Cite
WARIZMI, alkho. Pemanfaatan Kriptografi Klasik dalam Steganografi Untuk Pengamanan Pesan Cikal Bakal Perkembangan IoT: a Literature Review. Jurnal Elektro dan Telkomunikasi, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 34 - 37, june 2021. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/elektrotelkomunikasi/article/view/1967>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.