RANCANG BANGUN ROBOT PENCUCI MOBIL OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8

  • indra roza Universitas Harapan Medan
  • Muhammad Hidayat Universitas Harapan Medan

Abstract

Teknologi chip atau integrated circuit(IC) semakin berkembang dan semakin canggih sehingga memberikan peluang untuk pengembangan otomatisasi melalui mikrokontroler Atmega 8. Banyak tugas manusia yang rutin dilakukan dan membutuhkan waktu yang panjang untuk penyelesaiankannya sehingga tidak praktis dan membuang waktu.  contoh penyucian mobil dilakukan oleh tenaga manusia. Timbul ide untuk merancang dan membangun sebuah sistem pencuci mobil otomatis yang lebih sederhana tapi bermanfaat. Sistem otomatis pencuci Mobil menggunakan sistem mekanis dan listrik yang berfungsi sebagai alat pencuci mobil yang bekerja otomatis. Rancangan didukung beberapa komponen seperti motor penggerak pompa pompa , sistem kontrol dan sensor. Desain berupa miniatur simulasi atau disebut prototipe dalam skala kecil namun dengan fungsi dan kinerja yang sama dengan ukuran real. Dengan menggunakan beberapa komponen seperti IC, kapasitor, resistor, sensor piezoelektrik  dan ATmega 8 yang diprogram dengan catu daya 12 volt dan 5 volt. Berbasiskan mikrokontroler atmega 8 sistem bekerja dengan memompakan air dan sabun pada mobil dikeringkan dengan blower. Input berasal dari perintah start user yaitu melalui tombol push on. Pengujian dilakukan pada semua komponen terhubung menjadi satu sistem, Saat tombol start ditekan kontroler akan mulai  mobil  berada diposisi yang tepat. Motor penggerak mobil mulai jalan dan menarik mobil kedalam . Kemudian pompa air hidup secara otomatis 2 detik untuk menyiram air ke mobil dan diiringi oleh penyemprotan detergen selama 2 detik. Setelah itu mobil dibilas oleh kain dengan penggerak motor selama 20 detik. Setelah itu air disiram  lagi ke mobil untuk membersihkan bekas detergen selama 5 detik dan kemudian tahap terakhir adalah proses pengeringan oleh blower angin selama 10 detik sampai selesai pencucian mobil.

References

[1] Dayat Kurniawan 2010, Aplikasi elektronika dengan bahasa C, Elex mediaKomputindo, Jakarta.

[2] Jazi Eko Istiyanto, 2013, Pengantar Elektronika & Instrumentasi ,PenerbitAndi, Jogyakarta.

[3] Richard Blocher 2009, Dasar Elektronika, Penerbit Andi, Jogyakarta.
[4] Syahban Rangkuti 2011 ,Mikrokontroler ATMEL AVR (ISIS Proteus danCodeVisionAVR) + CD,Penerbit : INFORMATIKA, Jakarta.
[5] FI Pasaribu, I Roza.”Design of control system expand valve on water heating process air jacket” Volume 821, 2019 3rd International Conference on Engineering and Applied Technology (ICEAT) 30 October - 1 November 2019, Sorong, Indonesia

[6] Lingga Wardhana, 2007, Mikrokontroler AVR seri Atmega 8535, PenerbitAndi, Jogyakarta.

[7] Sulhan Setiawan ,2008 ,Mudah dan Menyenangkan Belajar Mikrokontroler,Penerbit Andi, Jogyakarta.

[8] Abdul Kadir.1991. Pemrograman Dasar Turbo C Untuk Ibm Pc: Andi Offset.Yogyakarta

[9] I Made Joni & Budi Raharjo 2006, Pemrograman C dan implementasinya,penerbit Informatika, Bandung.

[10] Aryza, S., Lubis, Z., & Khairunizam, W. (2019, February). Analisis hubungan antara daring dan revolusi industri didalam penerapan ilmu keteknikan. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

[11] Aryza, S., & Lubis, Z. (2019, November). Enhanced of Speed Monitoring Brushless DC (BLDC) Equipment and Controller Based on Arduino. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1361, No. 1, p. 012049). IOP Publishing.
Published
2021-07-24
How to Cite
ROZA, indra; HIDAYAT, Muhammad. RANCANG BANGUN ROBOT PENCUCI MOBIL OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8. Jurnal Elektro dan Telkomunikasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1 - 9, july 2021. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/elektrotelkomunikasi/article/view/3886>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.