UPAYA MENINGKATKAN FASILITAS KERJA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BAGIAN PACKING PT. XYZ DENGAN IOT

  • Pristisal Wibowo University Pembangunan Panca Budi Medan

Abstract

Produktivitas merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dalam rangka persaingan bisnis yang sangat kompetitif. Hal ini merupakan salah satu indikator keberhasilan perusahaan dalam memanfaatkan sumber daya perusahaan untuk menghasilkan suatu produk, sehingga banyak perusahaan yang berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan produktivitasnya. Penelitian ini dilakukan di industri manufaktur bola lampu PT. XYZ Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat produktivitas pada packing station di PT. XYZ, (2) Pengaruh penerapan fasilitas kerja baru dalam upaya peningkatan produktivitas PT. XYZ. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan, aspek yang dianalisis adalah fasilitas kerja di packing station. Setelah menganalisis dan mengolah data menggunakan diagram tulang ikan dan peta kerja, diperoleh desain peralatan kerja dan tata letak area kerja yang baru. Berdasarkan hasil analisis sebelum dan sesudah perbaikan didapatkan bahwa jumlah output standar dari masing-masing operator mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan indeks produktivitas sebelum perbaikan sebesar 71,31% dan indeks produktivitas setelah perbaikan meningkat menjadi 100,00%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perbaikan fasilitas kerja dengan diagram tulang ikan dan analisis peta kerja berdampak baik bagi perusahaan dan dapat meningkatkan produktivitas. Kata kunci:Produktivitas, Fasilitas Kerja, Indeks Produktivitas.

References

Girish, B. (2013). 7 Alat QC Tingkat Lanjut. DL Shah Trust Publication, Chennai.
Iftikar Z, Sutalaksana. (2006), Teknik Perancangan Sitem Kerja. ITB, Bandung.
Kusumanto, Ismu dan Perdana, Yoga. Perbaikan Metode Kerja Untuk meningkatkan
Produktivitas Kerja Operator Pada Stasiun Pengemasan Di CV. Mie Sohun Ichlas.
Jurnal Teknik Industri UIN Sultan Syarif Kasim. Vol.2 No.2
Moenir. (1989), Pendekatan Manusia dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian.
Gunung Agung, Jakarta.
Purnomo, H. (2004), Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Renty Anugerah Mahaji Putri. Perbaikan Sistem Kerja Di Bagian Packing Fresco Cup PT.
Sinar Sosro KPB Cibitung Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas. Jurnal Teknik
Industri Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jil. 10 No.2.
Setiawan, Yopi. Perbaikan Metode Kerja Pada Bagian Pengemasan Di PT. Kembang Bulan.
Jurnal Teknik Industri Universitas Kristen Petra Surabaya. Jil.1 No.1
Published
2022-03-02
How to Cite
WIBOWO, Pristisal. UPAYA MENINGKATKAN FASILITAS KERJA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BAGIAN PACKING PT. XYZ DENGAN IOT. Jurnal Elektro dan Telkomunikasi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 39 - 44, mar. 2022. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/elektrotelkomunikasi/article/view/4100>. Date accessed: 01 dec. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.