KERAGAAN PERTUMBUHAN TANAMAN KARET AKIBAT INDUKSI CABANG DENGAN METODA CLIPPING DAN TOPPING

  • EFI SAID ALI Universitas Al-Azhar Medan, Sumatera Utara, Indonesa.

Abstract

Keragaman Pertumbuhan Tanaman Karet Akibat Induksi Cabang Dengan Metoda Clipping Dan Topping, Penunasan Dengan Cara Induksi Percabangan Merupakan Salah Satu Upaya Dalam Pemeliharaan Tanaman Karet Yang Bertujuan Untuk Mendapatkan Pertumbuhan Tanaman Yang Lebih Baik, Seperti Pertumbuhan Diameter Batang, Tinggi Tanaman, Maupun Jumlah Payung Yang Tumbuh. Dengan Cara Clipping Dan Topping Biasanya Dapat Menghasilkan Pertumbuhan Tanaman Karet Yang Lebih Optimal. Masalahnya Seberapa Baik Efektivitas Tingkat Keberhasilan Yang Didapat Dari Cara Clipping Dan Topping. Untuk Itu Pada Penelitian Ini Akan Dikaji Efektivitas Pertumbuhan Tanaman Karet Secara Induksi Cabang Dengan Metode Clipping Dan Topping. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Kebun Karet Rakyat  Yang  Letak Di Desa Damak Maliho Kecamatan Bangun Purba, Kab Deli Serdang  Propinsi Sumatera Utara.nPenelitian Ini Berlangsung Selama Dua Bulan Di Mulai Pada  Bulan Juni S/D Juli 2021 Hasil Penelitian Ini Menyimpulkan Perlakuan Metode Clipping Lebih Berpengaruh Secara Efektif Terhadap Pertambahan Lingkar Batang, Tinggi Tanaman Dan Jumlah Payung Tanaman Karet Dibandingkan Dengan Metode Topping. Pertumbuhan Cabang Pada Metode Clipping Lebih Seragam Dibanding Dengan Metode Topping.


Kata kunci : clipping, karet dan topping

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Efi Said. 2009. Botani dan Morfologi Tanaman Karet. Sekolah Tinggi ilmu Pertanian Agribisnis Perkebunan. Medan.

Anonimus, 1982, Pengukuran Lilit Batang, dalam Vademicum Karet PTP XXVI.

Anonimus, 2009. Morfologi Tanaman Karet.
http://rudisiregar.blogspot.com/2009/01/morfologi-tanaman-karet.htmI. (18 Februari 2010 ).

Anonimus. 2009. Pemeliharaan Tanaman Karet Hevea brasiliensis Muell.Arg. http://perkebunankaret.blogspot.com/2009/09/PemeIiharaan-tanaman-aretHevea.html, (Bagim 1), (18 Februari 2010).

Dwidjoseputro. 1988. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. PT. Gramedia. Jakarta.

Munthe, M. dan Hasibuan, S. E. Evaluasi Keragaan Klon-klon Karet di PT, Bridgestone Sumatra Rubber Estate.

Pulungan. Imran. 1995, Pemeliharaan Tanaman Karet, Lembaga Pendidikan Perkebuanan, Gunung Pamela.

Sagala. Aidi Daslin,dkk. Hasil Rumusan Lokakarya Nasional. http:((perkebunankaret.blogspot.com/. Batam. (23 Januari 2010)

Setyamidjaja Djoehana. 1993. Seri Budidaya Karet. Kanisius. Yogyakarta.
Siagian Nurhawaty, Junaidi, Munthe Haposan dan Sujatno. 2009. Pemeliharaan

Tanaman Karet Belum Menghasilkan. Pusat Penelitian Karet sungei putih.

Tim Penulis Penebar Swadaya. 2004. Karet : Strategi Pemasaran Budidaya dan Pengolahan, Cetakan Sepuluh. Penebar Swadaya. Jakarta.
Published
2021-06-16
How to Cite
ALI, EFI SAID. KERAGAAN PERTUMBUHAN TANAMAN KARET AKIBAT INDUKSI CABANG DENGAN METODA CLIPPING DAN TOPPING. JASA PADI, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 14 - 20, june 2021. ISSN 2502-8936. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jasapadi/article/view/3942>. Date accessed: 19 jan. 2022.
Section
Articles