Analisis Kualitas Pelayanan, Pembangunan Akses Modal, dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Pesisir di Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara

Annisa Ilmi Faried Lubis; Bakhtiar Efendi; Rahmat Sembiring

  • Annisa Ilmi Faried Lubis

Abstract

Pembangunan manusia adalah sebuah gambaran dari tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu daerah yang meliputi sektor ekonomi dan sosial seperti kebijakan pemerintah, kualitas pelayanan, pembangunan akses modal, pembangunan sarana dan prasarana yang mempengaruhi pembangunan manusia secara langsung. Salah satu penyebab tidak meningkatnya pembangunan manusia adalah rendahnya kesejahteraan masyarakat. Nelayan di Desa Pahlawan memiliki rata-rata pendapatan dibawah upah minimum kota, sehingga mengakibatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan dan pendidikan rendah. Saat ini pemerintah tengah menggalakkan pembangunan pesisir, sehingga penelitian ini dapat menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah dalam menjalankan berbagai macam strategi pengembangan wilaah pesisir tersebut. Selain itu pembangunan pesisir yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir atau kesejahteraan nelayan merupakan hal yang sangat dinanti oleh masyarakat pesisir mengingat tingkat kesejahteraan nelayan pesisir umumnya tergolong rendah dan khususnya di desa Pahlawan tergolong sangat rendah. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi masukan bagi pemerintah dalam mengkaji keberhasilan strategi peningkatan kesejahteraan masarakat pesisir yang tengah digalakkan, bagi para nelayan diharapkan mampu membuka pemikiran dan wawasan untuk menjadi manusia yang lebih berkualitas.

Published
2018-07-05
How to Cite
, Annisa Ilmi Faried Lubis. Analisis Kualitas Pelayanan, Pembangunan Akses Modal, dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Pesisir di Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 14-21, july 2018. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/196>. Date accessed: 06 may 2024.