DAMPAK PERUBAHAN BUDAYA SOSIAL EKONOMI TERHADAP KEMISKINAN DAN KESEJAHTERAHAN PADA MASYARAKAT DESA PAHLAWAN

Rahmad Sembiring

  • Rahmad Sembiring

Abstract

Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang relevan dalam mempengaruhi kemiskinan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat keluarga pesisir, mengatahui pengaruh signifikan factor-faktor relevan tersebut terhadap kemiskinan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat keluarga pesisir sementara target khusus dalam penelitian ini yaitu mengkaji kesejahteraan dan kemiskinan masyarakat pesisir dalam bidang perekonomian sehingga dapat membuka pemikiran dan wawasan masyarakat pesisir desa Pahlawan untuk menjadi keluarga mandiri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Semua faktor (Usia, Jenis kelamin, Pendidikan, Kesehatan, Modal, Pekerjaan, pada keluarga nelayan) relevan dalam mempengaruhi kemiskinan (pendapatan) dan kesejahteraan (kepemilikan asset) keluarga nelayan pesisir Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram. Populasinya adalah seluruh keluarga rumah tangga di desa Pahlawan sebanyak 1452 keluarga dan sampel ditetapkan berdasarkan kuota sampling sebanyak 100 orang
dengan teknik penarikan sampel berdasarkan kriteria. Analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Deskriptif dan Analisis Kuantitatif. Analisis Kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan metode regretion linier berganda. Hasil analisis diharapkan mampu menemukan faktor-faktor yang relevan dan signifikan mempengaruhi kemiskinan dan kesejahteraan keluarga nelayan pesisir sehingga dapat meningkatkan kemandirian ekonominya dan mampu. mendukung perekonomian keluarganya dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu dari kajian ini diharapkan dapat membuka wawasan dan pola pikir para keluarga nelayan untuk lebih aktif dan kreatif dalam memberdayakan sumber daya alam lingkungannya menjadi produk produk yang bernilai ekonomi, dapat menambah pendapatannya dan membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarganya.

Published
2018-07-05
How to Cite
, Rahmad Sembiring. DAMPAK PERUBAHAN BUDAYA SOSIAL EKONOMI TERHADAP KEMISKINAN DAN KESEJAHTERAHAN PADA MASYARAKAT DESA PAHLAWAN. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 75-82, july 2018. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/204>. Date accessed: 06 may 2024.