MODEL SIMULTANITAS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI BERDASARKAN RESPON TRANSMISI MONETER JALUR KREDIT DI NEGARA EMERGING MARKET

Ade Novalina; Rusiadi; Wahyu Indah Sari;

  • Ade Novalina

Abstract

Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah menganalisis pengaruh secara simultan Investasi, Kredit, Ekspor dan Inflasi terhadap PDB di Negara Emerging Market dan menganalisis pengaruh secara simultan Investasi, Kredit, Ekspor dan PDB terhadap Inflasi di Negara Emerging Market.  Target khusus dalam penelitian ini yaitu mengkaji lebih dalam, seberapa efektif transmisi kebijakan moneter melalui jalur kredit, dalam mengendalikan Product Domectic Bruto (PDB) dan sasaran akhir inflasi dan mengkaji simultanitas PDB dan Inflasi.  Hipotesis dalam penelitian ini adalah : Investasi, Kredit, Ekspor dan Inflasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap PDB di Negara Emerging Market dan Investasi, Kredit, Ekspor dan PDB berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Inflasi di Negara Emerging Market.  Meteri dalam penelitian ini mengunakan materi kuantitatif dengan pendekatan Regresi Simultan (Struktural Regretion).  Materi kuantitatif dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan data variabel yang diamati yaitu Investasi, Kredit, Ekspor, PDB dan Inflasi dari beberapa Negara Emerging Market yaitu India, Brazil, China, Rusia, Indonesia, Afrika Selatan, Vietnam, Mexico, Turkey dan Argentina tahun 2010 s/d 2016. Hasil penelitian menunjukkan PDB berpengaruh signifikan terhadap inflasi di negara emerging market sedangkan investasi dan ekspor tidak berpengaruh signifikan terhadap inflasi di negara emerging market. Selanjutnya hasil penelitian juga menunjukkan ekpor berpengaruh signifikan terhadap PDB di negara emerging market, sedangkan kredit dan inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap PDB di negara emerging market.

Published
2018-10-16
How to Cite
, Ade Novalina. MODEL SIMULTANITAS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI BERDASARKAN RESPON TRANSMISI MONETER JALUR KREDIT DI NEGARA EMERGING MARKET. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 150-164, oct. 2018. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/332>. Date accessed: 30 apr. 2024.