LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNAAN MODA TRANSPORTASI GO-JEK GENERASI Z DI KOTA MEDAN
Errie Margery; Alfonsius;
Abstract
Perusahaan moda transportasi berbasis digitalisasi yang bernama GO-JEK merupakan moda transportasi yang memberikan jalan keluar kepada konsumen yang tinggal di kota metropolitan agar terbebas dari kemacetan di jalan agar dengan cepat mencapai tujuan. Sistim digitalisasinya juga sangat mudah digunakan berbagai kalangan dari anak-anak sampai lansia menggunakan jasa ini. Fenomena yang terjadi pada moda transportasi online yaitu pembawa kendaraan terkadang bertindak tidak sopan dan waktu yang dijanjikan tidak sesuai. Adapun lokasi penelitian ini adalah di STIE Professional Manajemen College Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Professional Manajemen College Indonesia Tahun Ajaran 2018/2019 Program Studi Manajemen yang berjumlah 158 orang yang memiliki dan menggunakan aplikasi Go-JEK serta merupakan generasi Z dimulai dari tahun kelahiran 1995–2010. Penentuan besarnya sampel menggunakan rumus Slovin, maka jumlah sampel adalah 62 orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan siapa saja yang ditunjuk sebagai sampel yaitu accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel loyalitas merek dan kepuasan konsumen secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pengguna moda transportasi GO-JEK. Secara parsial ditemukan bahwa variabel kepuasan konsumen tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pengguna moda transportasi GO-JEK dan variabel loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pengguna moda transportasi GO-JEK.