ANALISIS PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH, BELANJA PEGAWAI, BELANJA HIBAH DAN BELANJA BARANG DAN JASA TERHADAP MODAL: PANEL DATA 12 KABUPATEN KOTA DI SUMATERA UTARA

Mohammad Yusuf;

  • Mohammad Yusuf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pajak daerah, retribusi daerah, belanja pegawai, belanja hibah, belanja barang dan jasa terhadap barang modal : Panel data 12 Kabupaten Kota di Sumatera Utara. Sebagai variabel independen dalam penelitian ini adalah pajak daerah, retribusi daerah, belanja pegawai, belanja hibah, belanja barang dan jasa. Sedangkan variabel dependen adalah barang modal. Adapun penelitian ini menggunakan metode analisis data yang digunakan adalah analisis  regresi data panel dengan pendekatan Random Effect Model (REM), Fixed Effect Model (FEM), Hausman Test, dan Metode Pooled Least Squares dan memakai pendekatan Panel Regression. Sementara itu data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  suatu data  sekunder  yang berasal   dari BI Sumut dan BPS Sumut  yang  dianalisis  dengan menggunakan  metode   kuantitatif dengan pendekatan diskriftif dan penggunaan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis sebuah regresi  Generalized Least Square dengan  memakai program Eviews 7. Adapun hasil  penelitian  ini  menyimpulkan  bahwa  variabel pajak daerah, retribusi daerah, belanja pegawai dan belanja barang dan jasa sangat berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap barang modal sedangkan variabel belanja hibah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap barang modal di Sumatera Utara.

Published
2019-08-13
How to Cite
, Mohammad Yusuf. ANALISIS PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH, BELANJA PEGAWAI, BELANJA HIBAH DAN BELANJA BARANG DAN JASA TERHADAP MODAL: PANEL DATA 12 KABUPATEN KOTA DI SUMATERA UTARA. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 38-46, aug. 2019. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/542>. Date accessed: 26 apr. 2024.