PREDIKSI STRUKTUR MODAL DAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI INDONESIA (PENDEKATAN PATH ANALISIS DAN PANEL REGRESSION)

Rusiadi;

  • Rusiadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah profitabilitas dan struktur aset berpengaruh terhadap harga saham dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan pertambangan. Data dari penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang diambil dari IDX. Populasi penelitian ini adalah perusahaan- perusahaan pertambangan sebanyak 41 perusahaan dan sampel sebanyak 11 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan media berupa laporan keuangan perusahaan pertambangan yang telah diaudit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap harga saham dengan struktur modal sebagai variabel intervening, sedangkan struktur aset tidak berpengaruh terhadap harga saham dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Published
2019-08-13
How to Cite
, Rusiadi. PREDIKSI STRUKTUR MODAL DAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI INDONESIA (PENDEKATAN PATH ANALISIS DAN PANEL REGRESSION). Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 113-126, aug. 2019. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/549>. Date accessed: 19 apr. 2024.