ANALISIS PINJAMAN DANA BERGULIR DAN PENDAMPINGAN TERHADAP KEGIATAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN KECAMATAN SEI BAMBAN

Yusri;

  • Yusri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui lebih jelas bagaimana pengaruh pinjaman dana bergulir dan pendampingan terhadap kegiatan usaha ekonomi produktif pada Program Pengembangan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Sei Bamban. Adapun permasalahannya yang penulis angkat yaitu: apakah pinjaman dana bergulir dan pendampingan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap kegiatan usaha ekonomi produktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 76 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis regresi berganda yang pengelolahannya dilakukan dengan program SPSS Versi 16. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel pinjaman dana bergulir dan pendampingan berpengaruh positif terhadap kegiatan usaha ekonomi produktif. Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara pinjaman dana bergulir dan pendampingan terhadap kegiatan usaha ekonomi produktif.

Published
2019-08-13
How to Cite
, Yusri. ANALISIS PINJAMAN DANA BERGULIR DAN PENDAMPINGAN TERHADAP KEGIATAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN KECAMATAN SEI BAMBAN. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik (JEpa), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 127-136, aug. 2019. ISSN 2527-2772. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/550>. Date accessed: 29 mar. 2024.