Identifikasi Persepsi Perilaku Konsumen Tentang Produk Makanan Halal Di Kota Medan
Diwayana Putri Nasution; Annisa Ilmi Faried Lubis; Rahmad Sembiring;
Abstract
Penelitian ini mengungkap pengaruh sikap, norma subyektif dan persepsi kontrol perilaku konsumen terhadap minat beli konsumen terhadap produk halal, yang berbasis pada Theory of Planned Behavior dari Ajzen (1991). Obyek penelitian yang dipilih adalah produk makanan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, yang sebelumnya dikenal sebagai produk yang telah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), namun kemudian sampai dengan proses pengumpulan data ini dilakukan sertifikat halal tersebut tidak lagi tercantum dalam label kemasan produknya. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang menjelaskan tentang perkembangan industry halal khususnya di Kota Medan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif makanan halal terhadap minat beli konsumen muslim/ perilaku konsumen