FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PERUSAHAAN PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BEI

  • M Firza Alpi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

This study aims to examine and analyze the effect of capital structure, company growth and profitability on firm value manufacturing companies listed on the indonesa stock exchange (BEI) for the 2017 – 2019 period. This study uses an associative approach. Data collection techniques in this study using dokumentation techniques. Data analysis techniques in this research are using desciptive statistical analysis, multiple linear regression analysis, classic assumption test, hypothesis test, and the coefficient of determination with a significance level of 5%. The results of this study indicate that the capital structure measured using the Debt to Equity Ratio (DER) has a negative and significant effect on firm value as measured by using the price book value (PBV). Company growth has a positive and insignificant effect on Price Book Value (PBV) and capital structure, company grwoth and profitability together have a significant effect on company value in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2017 – 2019 period.

References

Agus, S. (2014). Manajemen Keuangan:Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.
Alpi, M. F. (2018). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Inventory Turn Over, dan Current Ratio Terhadap Return On Equity Pada Perusahaan Sektor Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Prosiding: The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018 “Pemberdayaan dan Penguatan Daya Saing Bisnis Dalam Era Digital”, 1(1), 158-175
Ambarwati, S. D. (2010). Manajemen Keuangan Lanjut. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Atmadja, A. (2014). Pengaruh Skeptisme Profesional Auditor, Independensi, dan Pengalaman Auditor Terhadap Tanggungjawab Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan Dan Kekeliruan Laporan Keuangan. e-Journal S1 AK Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-11.
Brealey. (2007). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.
Brigham, E. F. (2012). Intermadiate finance management (5th ed.). Harbor Drive: The Dryden Press.
Bukit, R. B. (2012). Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan melalui Profitabilitas: Analisis Data Panel perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 4(3), 12-25.
Dewi, A. S. (2013 ). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. E-Journal Akuntansi Universitas Yudayana, 4(2), 358-372.
Fahmi, I. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fau, N. R. (2015). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 103-115.
Gitman, L. J. (2003). Principles of Manajerial Finance, International Edition, 10th Edition. Boston: Pearson Education.
Gultom, R. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 3(1), 51-60.

Gunawan, E. (2012). Tinjauan Teoritis Biaya Lingkungan Terhadap Kualitas Produk dan Konsekuensinya Terhadap Keunggulan Kompetitif Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(2), 47-50.
Halim, A. (2015). Manajemen Keuangan Bisnis: Konsep dan Aplikasinya, Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hanafi, M. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : (UPP) STIM YKPN.
Harmono. (2011). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Hemastuti, C. P. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi, dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(4), 110-120.
Hermuningsih, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Sruktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia.Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, 16(2),127-148
Januri. (2013). Analisis Perputaran Piutang Dan Perputaran Persediaan Dalam Meningkatkan Profitabilitas PT.Socfin Indonesia. Ekonomikawan, 13(1), 126-144.
Jensen, M. C. (2001). Value Maximization, Stakeholder Theory, And The Corporate Objective Function. Journal of Applied Corporate Finance, Morgan Stanley, 14(3), 8-21.
Jufrizen, J. (2019). Pengaruh Debt Ratio, Long Term Debt to Equity Ratio dan Kepemilikan Institusional Terhadap Return on Asset pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(1), 7-18.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kuncoro, M. (2011). Metode Kuantitatif. Yogyakarta: YKPN.
Lestari, H. S.(2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Pada Bank Konvensional Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 10(2), 267-280.
Machfoedz, M. (2006). Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi IX, 9(1), 1-23.
Mardiyanto, H. (2009). Intisari Manajemen Keuangan: Teori. Jakarta: Grasindo.
Meidiawati, K. (2016). Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(2), 1-16.
Myers, N. (2001). Corporate Financing and Investment Decision When Firms Have Information That Investors do Not Have. NBER Working Paper, 1(3), 96-115.
Nugrahani. (2012). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Manajemen Unud, 4(7), 59-72.
Nurminda, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). e-Proceeding of Management, 4(1), 48-62.
Pradana, H. R. (2013). Pengaruh Risiko Bisnis, Struktur Aset, Ukuran dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal. Accounting Analysis Journal, 2(4), 423-429.

Rialdy, N. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Keputusan Investasi Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di BEI Periode 2013 – 2017. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(3), 272-288.
Saragih, F. 2018. Analisis Rasio Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan. Jurnal Ekonomikawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 57-68.
Sari, P. I. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 3(5), 1427-1441.
Sawir, A. (2015). Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan KeuanganPerusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Soliha, E. (2002). Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Serta Beberapa Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 9(2), 149-163.
Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Suharli, M. (2006). Studi Empiris mengenai Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Harga Saham terhadap Jumlah Dividen Tunai, Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2002-2003. Jurnal Maksi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 6(2), 10-25.
Suprantiningrum. (2013). Pengaruh Dimensi Kecerdasan Emosional Mahasiswa Akuntansi terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi, 27(1), 101-108.
Susanto, A. (1997). Budaya Perusahaan: Seri Manajemen dan Persaingan Bisnis. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tandelilin, E. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE.
Tika, M. P. (2012). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wihardjo, D. S. (2014). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2009-2011). Jurnal Universitas Diponorogo, 5(2), 36-56.
Zuliani, S. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aset dan Tingkat Pertumbuhan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 3(7), 112-120.
Published
2021-02-16
How to Cite
ALPI, M Firza. FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PERUSAHAAN PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BEI. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), [S.l.], p. 8-18, feb. 2021. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/scenario/article/view/1150>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Issue
Section
Articles